Feb 26, 2012

ID Anonim di Twitterland


Jika cukup intens dalam dunia twitter, kita semua pasti sering sekali menemukan ID anonim yang “tidak” jelas milik siapa ID tersebut. Tapi ada yang luar biasa dengan ID twitter Anomin ini yaitu follower yang luar biasa banyak dalam waktu yang relatif bisa dikatakan sangat singkat. Saya sendiri suka geleng-geleng kepala melihat pertumbuhan follower ID anonim, bahkan sering kali followernya jauh lebih banyak dari ID brand resmi.

Sebagai contoh lihat saja ID @KamusCewek dengan 1 juta follower atau ID @kata2bijak yang hampir tembus setengah juta follower atau juga @poconggg yg hampir 2 juta follower (sekarang sudah ditampilkan nama aslinya).  Pertanyaan utamanya tentu mengapa dan bagaimana bisa Anonim ID seperti ini mendapatkan follower sebegitu banyak sehingga tentu bagi pengelolah ID nya merupakan peluang bisnis yang besar sebagai buzzer di dunia twitter.

Saya dan beberapa teman coba mendevelop 2 buah ID anonim untuk coba mengetahui cara bagaiamana sebuah ID Anonim bisa berkembang followernya dalam jumlah yang sangat banyak dan cepat, nah masalah blom terbukti hehe benar karena baru mendekati 10 ribu follower dalam 2 bulan dan yg satu lagi 5 ribu follower dalam 2 minggu ke belakang, tapi it’s ok lah untuk kita sama-sama belajar, saya sharing apa saja yang harus dilakukan (blom tentu berhasil yah, khan masih tahap uji coba).

1. Great Content Creates it”s Own Follower

Saya lihat kunci semua ID anonim dengan follower base yang besar terletak pada kontent (isi) dari tweetnya. Rasanya inilah faktor kunci utama sebuah ID Anonim bisa mendapatkan follower demikian banyaknya. Seperti @kamuscewek dengan memfokuskan pembahasannya seputar cewe, pengguna twitter khususnya cewe akan merasa perlu untuk memfollow ID ini karena informasi, inpirasi dan hal lainnya tentang cewe bisa di dapatkan melalui time line @kamuscewek ini.

Atau saya sendiri follow @kata2bijak atau @nasehatbisnis karena saya menyukai konten kedua ID anonim ini karena berisi kata-kata yang selalu memberikan inspirasi seputar bisnis baik itu dalam bentuk quotes, sharing maupun kul tweet. Begitupun mengapa saya follow @liputan9 yang baru muncul, karena nyeleneh-nyeleneh yg tweetnya (seperti contoh di samping) makanya saya follow karena buat saya ini hiburan hehe.

Intinya dari pengamatan yang saya lakukan, great content creates its own follower. Ga ada yang paksa, ga ada iming-iming sesuatu, we follow just because its content.



2. Buzzer for Follower

Nah ini yg juga banyak dilakukan oleh ID anonim untuk memperbanyak followernya yaitu dengan menggunakan buzzer baik itu berbayar (menggunakan jasa ID twitter lain), kerjasama (tukeran promo dengan ID lainnya) ataupun karena memang yang mengelolah orang/ perusahaan yang sama mereka melakukan cross tweet promo antara 1 ID dengan ID lainnya.

Sah-sah ajah cara ini sih untuk meningkatkan jumlah follower, toh kalo dipikir-pikir khan sebetulnya investasi juga, nantinya kalo followernya sudah banyak khan bisa jadi buzzer juga untuk mencari income melalui ID anonimnya. Namun yang perlu digaris bawahi adalah jangan sampai menggunakan buzzer yang segmen followernya terlalu jauh berbeda dengan ID anonimnya, misalnya ID anonimnya soal galau, tapi buzzernya pakar keuangan nah khan jadi ga sinkron. Yah cocoknya buzzernya seperti @poconggg atau @radityadika.


3. Program

Nah ini salah satu yang juga penting untuk memperbanyak follower sebuah ID Anonim, kegiatan-kegiatan seperti kuizz dan kul tweet cukup menjadi andalah untuk mendongkrak follower ID Anonim tersebut. Dengan program-program berhadiah (sendiri ataupun sponsor) misalnya yang mengharuskan follower melakukan retweet untuk ikut serta dalam program berhadiahnya secara tidak langsung di strategikan untuk si follower melakukan viral ke followernya.

Jika sebuah ID anonim katakanlah memiliki 10 ribu follower, 10 persen saja mengikuti program kuizz yang dibuat di mana masing-masing folllower memiliki rata-rata 300 follower maka secara impression sudah 300 ribu twitter user lain punya peluang melihat ID anonim dan programnya tersebut . yah ambil lagi angka 10 persen maka muncl angka 30 ribu twitter user yang melihat program dan ID anonim tersebut (saya kurang tahu angka pastinya untuk hal ini, hanya berasumsi). Program-program seperti Kul Tweet juga kadang bisa dijadikan senjata untuk viral ke followernya follower ID anonim tersebut.


4. Being Human

Nah terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah orang yang mengelolah ID anonim tersebut haru menjadi “human” di dalam twitter, bukan menjadi “mesin”tweet yang kaku yg berkerja hanya karena memang yg bersangkutan dibayar untuk itu sehingga tidak ada “soul” di dalam ID anonim yang dibuat. Hal ini sangat penting karana cepat atau lambat follower akan menyadari apakah yang mengelolah ID tersebut punya pemikiran yang saya dengan mereka, resikonya yang kalo tidak di unfollow yah paling diignore (tidak lagi dicari atau ditunggu tweetnya).

Nah tertarik buat ID anonim juga?

1 comment:

Unik Informatika said...

wah artikel nya sangat menarik dan tidak membuat bosan yang membacanya..:)

visit balik ya gan..:) http://unik-informatika.blogspot.com disana banyak trik kece gan..:)