Perubahan Adalah Sahabat Pebisnis


Akhir-akhir ini heboh banget soal Uber, Gojek dan Grab di pro dan kontra hadirnya layanan Aplikasi Sharing ketiga brand di atas memberikan dampak sangat besar baik bagi yang pro (yah tentu khususnya kita konsumen) dan yang kontra (kompetitor yang lahan sawahnya jadi ikut tergarap).

Baca sana sini, lihat ulasan pakar-pakar hebat membahas dari berbagai sudut seperti Sharing Economy, Wajah Kapitalisme sampai yang membahas soal aturan hukup dan asas keadilah sepertinya jadi bacaan wajib yang seru untuk dilewatkan hehe. Dari saya pribadi punya pandangan yang sangat sederhana dalam hal ini, itulah perubahan, suka tidak suka titik. Apakah kita akan mencoba ikut dan memanfaatkan perubahan ini atau mengambil sikap menolak perubahan ini entah sampai kapan dan dengan konsekensi seperti apa.

Yap, alih-alih sibuk pro dan kontra, mari kita lihat dari kacamata pebisnis seperti saya misalnya di bidang kuliner, perkembangan aplikasi seperti Gojek justru membukan pintu/ peluang yang luar biasa bagi bisnis kita tentunya, dahulu untuk membentuk 1 tim delivery makanan misalnya, setidaknya minimal membutuhkan 5 motor, 5 karyawan dengan keterbatasan jumlah yang bisa dilayani, loh kok bisa? lah coba ajah dipikir sendiri kapan biasanya order makanan masuk? Makan siang dan makan malam, 5 motor paling maksimal bisa melayani 2-3x pesanan, itupun kalo tidak jauh-jauh yang pesan dan alamatnya gampang ditemukan.


Sekarang dengan Gojek, berapapun pesanan yang masuk bisa dilayani karena begitu banyaknya jasa gojek di setiap daerah yang ada gojeknya, tidak ada lagi biaya motor, bensin, karyawan dan operasional cost lainnya yang keluar seperti ketika kita membangun tim delivery sendiri, yah memang khusus industri restaurant pihak Gojek mengenakan charge 10% dari total pesanan but it's ok lah masih bisa di atur dengan kenaikan harga khusus delivery yang bisa dimaklumi oleh konsumen. Ini di bidang kuliner, saya yakin dibanyak bisnis lainnya, Gojek ini juga menjadi solusi mengatasi masalah delivery dan pengantaran

Coba kita ulik beberapa manfaat dari munculnya teknologi atau hal-hal baru syang berkaitan dengan teknologi.

1. Membuat lebih efisien
Teknologi yang berkembang, sejauh ini saya rasakan sangat membantu dalam efisiensi biaya untuk banyak pebisnis seperti saya. contoh paling sederhana yah Gojek tadi, seperti yang saya kemukakan di atas, biaya delivery menjadi lebih murah jika dikomparasi dengan omset yang bisa didapatkan dan biaya yang harus kita keluarkan jika membentuk armada sendiri.

Contoh lainnya seperti pemanfaatan social media seperti facebook, twitter, instagram dll untuk melakukan promosi, secara cost sangat efisien karena menjangkau market yang lebih tajam dengan biaya yang jauh lebih murah, makanya tidak aneh seperti saat ini misalnya begitu banyak pebisnis online shop yang muncul atau begitu banyak perusahaan yang melakukan iklan di social media alih-alih menggunakan traditional media seperti flyer, billboard dan sebagainya. Belom lagi cakupan penetrasinya jauh lebih luas untuk menjangkau konsumen.

2. Bentuk Strategi Baru
Yap, dahulu bentuk-bentuk kegiatan seperti event sering sekali dilakukan untuk menjangkau target market kita, contoh kalo Anda seorang Coach ato Motivator, mungkin banyak seminar-seminar yang harus Anda lakukan diberbagai kota untuk membuat diri Anda terkenal dan mendapatkan klien, saat ini? Udah ada youtube bro atau canggihan dikit Web Minar, dimana target market yang Anda bidik bisa 1 Indonesia denga cost yang jauh lebih murah termasuk jika menggunakan iklan berbayar untuk webminar tersebut. Strategi baru karena perkembangan teknologi.

Atau kita lihat sekarang Mataharimall.com, Bukalapak, Tokopedia yang sangat agressive melakukan komunikasi untuk membangun basic konsumen di Indonesia, dan hal ini suka-atau tidak suka harus dilakukan karena konsumen sudah mulai berubah, perilaku belanja online sedikit demi sedikit meningkat persentasenya dan satu-satunya jalan adalah dealing with the wave.

3. Meet the Customer Demand
Nah ini yang juga sangat penting mengapa kita harus dealing dan memanfaatkan perubahan-perubahan yang terjadi apalagi perubahan ini misalnya terjadi cukup masive membuat prilaku dan preferensi konsumen menjadi berubah, kembali lagi seperti hal nya Gojek, dahulu kalo Anda ngidam martabak Andir misalnya, sementara rumah Anda di Dago Atas, udah sangat luar biasa itu effortnya untuk bisa membeli martabak tersebut, mana ga ada layanan delivery lagi, sekarang? tinggal bukan HP, Oder dan tunggu martabak ga lama OTW. Kemudahan yg diinginkan oleh konsumen bisa dipenuhi melalui Gojek, sehingga kita sebagai pemilik bisnis harus bisa memanfaatkan hal ini untuk memberikan kemudahan kepada konsumen tersebut tentunya.

Jadi, buat saya perubahan adalah sahabat setia yang haru selalu berdampingan, menjadi teman dalam membangun dan mensukseskan bisnis kita, semua bisnis yang bertahan adalah bisnis yang mampu beradaptasi dengan perubahan.

Semoga Bermafaat.

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online