Inovatif, Kata Elo ato Kata Siapa?


"Wuih inovatif banget yah cafe baru itu, konsepnya beda banget dengan yang lain, blom pernah ada sebelumnya di bandung yang seperti itu" ............ Beberapa kali 10 tahun ke belakang kalimat seperti ini sering sekali saya dengar, inovatif karena berbeda dan unik, namun ironi nya mostly tempat-tempat yang dikatakan inovatif tersebut sudah tidak terdengar lagi namanya dengan membukuhkan kerugian bisnis yang lumayan besar, kebetulan saya kenal dengan beberapa pemilik bisnisnya.

Or sering juga dibidang teknologi dan starup (yang lagi naik daun banget nih) kita melihat, membaca dan mendengar muncul teknologi-teknologi dan startup baru yang sangat inovatif bahkan kadang sampe kita sendiri bingung nawarin apa sebenernya teknologi dan startup tersebut, heboh di awal tahun dengan budget komunikasi dan media yang luar biasa besar namun akhirnya redup ditelan waktu.

Inovatif kha cafe-cafe yang sangat kreatif (kata orang), or teknologi or startup tersebut sebetulnya? Apa sebetulnya defininya sehingga seseorang, product, jasa ataupun apapun yang terkait dengan bisnis (karena bahasannya bisnis) bisa dikatakan inovatif? Apakah hanya karena Absoluttly Outstanding, Luar biasa keren, Amazing or sesuatu yang sangat baru bisa dikatakan sudah memenuhi syarat untuk dikatankan inovatif?

Ide Baru yang Butuh Validasi
Yap inovatif bukan hanya bicara menciptakan sesuatu yang baru di dunia ini menurut saya, ketika kita men kreasikan sebuah proses, produck atau apapun itu kemudian muncullah sebuah Ide baru yang bisa diimplementasikan di dalam bisnis kita itulah syarat awal sesuatu bisa dikatakan inovatif atau bahkan sesuatu yang sudah ada kemudian kita kembangkan dengan pendekatan yang lebih baru, lebih modern atau lebih kreatifpun bisa dikata inovatif kok, tapi kembali lagi itu baru syarat awal.


Contoh apakah ide membuat tempat kopi dikombinasikan dengan Makan Seafood (Kepiting, Kerapu) dikatakan inovatif? atau menjual Ceker Ayam dengan berbagai olahan unik dengan berbagai kuah yang banyak variant bisa dikatakan inovatif? Atau membuat jasa Konsultan yang hanya focus di KPI Efisiensi perusahaan yang juga khusus hanya menjual tekstil only bisa dikatakan inovatif? Yah untuk ukuran idea awal karena jika di daerah atau industri tersebut memang belum ada yang sama persis melakukan hal tersebut.

TAPI, nah tentu ada tapinya, saya tulis dengan hurup besar itu SYARAT AWAL untuk sebuah idea bisa dikatakan inovatif, mengapa? karena butuh VALIDASI, butuh pembuktian (di point ke 2 dan ke 3 akan kita bahas).

Memberi Nilai Tambah
nah ini syarat pertama untuk melakukan validasi apakah ide tersebut bisa dikatakan inovatif atau tidak, apakah konsumen merasakan ada manfaatnya? Apakah konsumen akan membeli dan terus membeli apa yang kita tawarkan tersebut?

Jika tidak, gugurlah ide tersebut dikatakan inovatif, mungkin hanya dalam angan-angan yang punya ide hal tersebut dikatakan inovatif, tapi dari sisi validasi konsumen failed total. Mengapa? Sederhana karena jika konteksnya bicara bisnis, semua hal pasti mengacu pada keputusan konsumen sehingga inovatif atau tidak pada dasarnya konsumenlah yang memutuskan, bukan kita bukan pula hasil riset awal titik.

Tapi khan konsumen butuh waktu untuk adaptasi? Exactly, karena itulah validasi berikutnya yang tidak kalah penting adalah WAKTU.

Waktu Terbaik
Memvalidasi sebuah idea yang apakah inovatif atau tidak membutuhkan waktu yang kadang cukup panjang, Tesla kompatriot Thomas Edison, akhirnya membuktikan bahwa arus dua arahlah (listrik) yang akhirnya lebih bisa diterima dan digunakan oleh industri penerangan saat ini setelah yang bersangkutan akhirnya wafat (Nonton History), jadi bukan soal ide tersebut saat ini bisa diterima atau tidak saat ini tapi seiring waktu apakah kemudian ide tersebut menjadi lebih tervalidasi.

Yah tentu dalam kondisi bisnis kita saat ini repot juga kalo menuggu dalam waktu yang lama sampai ide tersebut bisa diterima oleh market, namun pada kenyataan kadang memang seperti itulah yang terjadi, mungkin kalo kata orang tua BELOM SAATNYA, ingat dulu tahun 2000 an salah satu group meluncurkan belanja online? luar biasa INOVATIF itu, tapi marketnya blom siap, jadi yah ga laku, saat ini? jangan tanya triliunan kali dana yang dihabiskan untuk mengkomunikasi Market Placement online, So? Edukasi & Komunikasi ke market, bangun demand nya sehingga ide inovatif yang kita miliki tervalidasi dan kita yang menikmati.

Innovation is the profitable implementation of idea
Nah mengambil quate salah satu marketing expert sebagai judul, ujung-ujung nya Validasi yang juga sangat penting bagi kita pebisnis apakah ide yang kita buat tersebut dapat dikatakan inovatif atau tidak adalah PROFIT yang SUSTAIN, kalo enggal profit kalo enggak sustain Ya Enggak Inovatif titik dan tidak ada koma.

Jadi inovatif itu bukan soal punya ide yang outstanding dan dibicarakan orang sajah, tapi harus selalu menjadi pilihan konsumen dalam jangka panjang dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dan masyarakat tentunya.

Nah, sudahkan product, jasa atau apapun yang kita tawarkan bisa dikatakan inovatif?


Semoga bermanfaat.
#BerbagiItuIbadah

Rex.

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online