Apr 6, 2015

Rahasia Penting Bisnis Menjadi Besar, Wajib Baca

Jika Anda memutuskan untuk membuat bisnis bakso, kira-kira bayangan Anda berapa besar income yang akan Anda dapat dalam 1 tahun? Dalam 5 Tahun atau bahkan dalam 10 tahun ke depan? Ok pertanyaan berikutnya, bagaimana dan dari mana income itu bisa Anda peroleh?

Jika pertanyaan saya di atas tidak bisa Anda jawab mungkin salah satu alasannya karena Anda belom mengerti salah satu ilmu yang sangat penting dalam bisnis yaitu Revenue Stream. Apa itu, dalam bahasa yang sederhana Revenue Stream adalah sumber pendapatan yang mungkin didapatkan oleh seorang pengusaha dalam rangka menjalankan bisnisnya.

Contoh ketika Anda memutuskan untuk berbisnis ba kso, nah sumber padapatan yang mungkin bisa didapat adalah:
  1. Pendapatan Warung/ Gerobak. Pendapatan yang terjadi karena ada yang membeli bakso Anda di warung/ gerobak. Baik itu membeli Bakso, minuman atau bungkus baksonya.
  2. Pendapatan Jualan Bakso Beku. Nah selain punya warung, karena Anda produksi bakso sendiri, Anda memutuskan untuk menjual bakso beku juga ke warung-warung bakso lain, hotel dan ke masyarakat.
  3. Pendapatan Franchisee/ Mitra Cabang. Anda juga sudah berpikir nih akan mengembangkan bakso Anda dengan mengandeng investor melalui mekanisme franchisee atau mitra.
  4. Pendapatan Catering. Anda juga mengembangkan bakso Anda ke bisnis catering, di mana Bakso Anda bisa mobile datang ke acara-cara pesta, ultah dsb.
Revenues Stream merupakan salah satu yang sangat penting untuk dipahami oleh setiap pebisnis karena dengan mengetahui Revenue Stream bisnis yang dijalankan, seorang pengusaha dapat menentukan dengan baik beberapa hal dibawah ini yaitu

1. Fokus Bisnis
Hal ini berhubungan dengan Revenues Stream apa yang akan dikembangkan menjadi sumber pendapatan perusahaan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan kapabilitas kita sebagai pemilik bisnis (Biaya, SDM, Infrastuktur dll), sebagai contoh jika modal sedikit mungkin kita bisa fokuskan bisnis kita pada warung terlebih dahulu sembari mengumpulkan modal untuk mulai mengembangkan rumah produksi.

2. Taktik dan Strategi
Yah setiap revenue stream menuntut taktik dan strategi yang berbeda, mengembangkan franchisee tentu berbeda taktiknya dengan menjual bakso beku dengan segmen B2B. Nah pertanyaan sama dengan point pertama, apakah kita bisa secara bersamaan mengembangkan semua taktik  dan strategi setiap revenue stream? Yah bisa tidak bisa iya, namun dengan mengerti revenue stream setidaknya kita tahu mana yang perlu dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya terlebih dahulu.

3. Omset dan Profit
Hal yang juga sangat penting ketika kita memahami revenue stream adalah kita bisa menghitung berapa omset bisnis yang kita ingin capai dan berapa besar profit yang ingin kita peroleh dalam waktu tertentu. COba bayangkan jika Anda tidak memahami Revenue Stream, jangan-jangan nanti Anda terjebak dengan hanya senang dari pendapatan warung yang sudah besar menurut ukuran Anda padahal secara bisnis, anda bisa menghasilkan 10 atau bahkan 100 kali lipat omset dan profit dari bisnis Franchisee atau penjualan Bakso Beku.

4. Menggaet Investor
Nah ini juga penting nih, alkisah Anda ditawarkan untuk investasi di warung ayam bakar pinggir jalan, ownernya bilang begini "Pak Andi apakah bapak mau investsi 30 juta di ayam bakar saya? Say berikan bapak 25% saham saya" udah gitu aja penawarannya, kira-kira Anda mau tidak? Saya jamin 8 dari 10 akan menolak, "ah cuma ayam bakar pinggir jalan", nah ini ketika posisi ketika yang ditawarkan dan yang menawarkan ga ngerti revunue stream jadilah tidak tercapai bisnis, padahal bagaimana kelak jika ayam bakar tersebut berkembang menjadi puluhan cabang? Dengan mengerti Revuneu Stream kita sebagai pebisnis akan lebih mudah menggaet investor dan tentu dengan tidak menjual bisnis kita secara murah.

So, sudahkah kita "mengetahui" revenue stream dari bisnis kita? Coba dikaji lagi mana tau ada yang terlewat di mana yang paling berpotensi justru tidak Anda garap dan fokuskan saat ini.

Writen by. @rexmarindo


Ingin Mengikuti Kelas Pengusaha Intensive?
http://www.ibs-edu.com/sekolahbisniskuliner/
0812 8943 8699
pin bb. 7DC1D949

Training/ Seminar Invitation
081320992992 (sms/ Whatsapp)

1 comment:

RUDI OTOMO said...

Says memiliki usaha kuliner ayam rawit teapi pemasaran Kali INI hanya sekitaran depok Dan bellum dikenal keseluruh Jakarta bagaimana solusinya jika sya Sudan melakukan hal diatas tapi bellum juga sukses,,,thanks...