Dec 15, 2011

Demam JKT48



Pocari Sweat emang jagonya bikin Trending Topics, begitu juga dengan yang baru saja mereka lakukan melalui endorsement mereka terhadap sebuah grup JKT48. Awal cerita serunya pembahasan ini beberapa waktu terakhir di Social Media dan berbagai media lainnya adalah telah suksesnya terlebih dahulu sebuah grup asal Jepang bernama AKB48 dengan Yasushi Akimoto (seorang pencipta lirik) sebagai produsernya.

Yasushi Amikomoto, sang produser yang melahirkan dan membesarkan AKB48 inilah yang akan juga menjadi produser utama untuk JKT48. Prestasi darinya telah terbukti dengan penampilan AKB48 di berbagai penjuru dunia, seperti New York, Los Angeles, Cannes, Paris, Moskow, Korea dan Singapura. Sebelum terbentuknya JKT48, AKB48 telah memiliki 4 grup kembar lainnya yaitu SDN48 (versi dewasa AKB48), SKE48 (Nagoya), NMB48 (Osaka) dan HKT48 (Fukuoka).

JKT48 di Indonesia ini merupakan audisi untuk mencari dan mengumpulkan anggotanya yang sudah dimulai dari bulan Oktober lalu. Yang terpilih akan menerima berbagai pelatihan yang akan membuat mereka mampu menggapai impian mereka.

Nah, yang menarik di sini adalah keterlibatan brand Pocari Sweat yang mampu menjadikan fenomena ini identik dengan positioning yang ingin diciptakannya. Selain karena sama-sama berasal dari Jepang, tentu Pocari Sweat ingin menegaskan dan memperdalam makna brand-nya di kalangan target market. Saat ini Pocari Sweat sudah tidak lagi bicara mengenai manfaat produk secara gamblang namun mulai masuk ke penciptaan soul dari brand dan psikologi para konsumennya.

Lalu apa saja yang dapat kita pelajari dari fenomena ini, cekidot pembahasannya berikut ini!

1. Trend bergulir seperti bola salju
Munculnya SMASH, Kompetisi Boyband Girlband korea, dangdut ala korea dengan rambut pirangnya Ayu Ting Ting, merupakan satu indikator bangkitnya tren Asia khususnya Jepang dan Korea di Indonesia. Pengaruh style Barat yang sangat kuat di era 90an sudah mulai terlindas oleh arus style Korea-Jepang yang lebih identik dengan anak muda jaman sekarang. Tren di kalangan anak muda saat ini kian banyak dimanfaatkan oleh para brand untuk masuk lebih dalam ke area psikologi konsumen mereka, agar nilai-nilai yang mereka milikipun sama dengan nilai-nilai yang sedang in di kalangan target market mereka. Hal ini-lah yang merupakan salah satu  langkah yang sering dilakukan oleh berbagai produk Otsuka dalam menyusun strategi untuk meraih posisi market leader.

2. Get closer to community
Saat ini dengan berkembangnya era Social Media, semakin memperkuat basis konsumen pada area komunitas. Sebagai pemilik brand harus terus aware pada berbagai langkah yang dapat mendekatkan diri atau bahkan diterima oleh berbagai komunitas tersebut. Langkah Pocari Sweat dalam endorser JKT48 ini merupakan langkah pendekatan atau minimal penciptaan positioning produk di dalam komunitas pecinta musik Jepang.

3. Gunakan pendekataan ‘kesamaan passion’
Sudah tidak asing bahwa sebuah produk melakukan campaign dari sisi manfaat produk mereka. Namun apabila tingkat awareness produk sudah cukup tinggi, tentu brand memiliki kebutuhan lebih lanjut tentang bagaimana brand tersebut dapat attach tidak hanya ke benak konsumen, tapi terlebih ke hati mereka. Seperti disampaikan oleh R. Suhendar, Head of Marketing PT Amerta Indah Otsuka di sela-sela peluncuran iklan TVC Pocari Sweat terbaru di Jakarta Sabtu (3/12/2011) bahwa terpilihnya grup idola JKT48 sebagai icon TVCM Pocari Sweat dikarenakan kesamaan visi yang dimilikinya dalam mengapresiasi semangat dalam perjuangan generasi muda untuk maju. Dalam tahap ini Pocari tidak lagi bicara mengenai manfaat produk, tetapi mengangkat “persamaan” nilai-nilai agar dapat lebih diterima di dalam hati para generasi muda Indonesia.

4. Consistency
Konsep audisi dan pengembangan bakat tentu bukan yang pertama di Indonesia, namun dari berbagai event yang kita ikuti ada yang mampu konsisten mempertahankan ketertarikan masyarakat, namun tidak sedikit juga yang semakin menurun bahkan berdampak bad perception di antara masyarakat. Lalu apa masa depan dari proyek JKT48 yang 28 anggota pertamanya akan tampil perdana di akhir tahun 2011 ini dapat mengambil hati masyarakat dalam waktu yang lama? Kita tunggu saja ya perkembanganya 

Sumber gambar:
tribunnews.com

2 comments:

Haddad said...

Selamat malam, saya Haddad dari situs JKT48stuff.com, sebuah situs yang mengkhususkan diri untuk menerjemahkan segala hal yang membahas JKT48 ke bahasa Inggris dan Jepang.
Saya meminta izin untuk menerjemahkan tulisan ini ke bahasa inggris untuk nantinya akan ditampilkan di situs kami, bolekah saya melakukannya?

Nantinya url dan penulis asli dari tulisan ini juga akan kami cantumkan pada tulisan yang telah diterjemahkan tersebut. Terima kasih.

Creasionbrand - Creativesales Agency and brand partner said...

Halo Haddad silahkan dengan senang hati. Thanks sebelumnya.