Sep 6, 2011

8 Tips Membangun Personal Branding Melalui Twitter


Perkembangan social media saat ini membuka jalan yang sangat besar bagi setiap individu untuk melakukan personal branding secara murah dan efektif. Twitter, sebagai salah satu social media tools merupakan tools yang sangat efektif bagi banyak orang untuk membangun personal brandingnya. Berikut 8 tips yang dapat dilakukan untuk membangun personal branding (notes, saya perlu berikan catatan untuk membangun personal branding via twitter sangat dianjurkan untuk Anda memiliki website/ blog yang mendeskripsikan secara lengkap personal branding Anda dan service/ product yang Anda tawarkan). Nah, yuk kita mulai:


1. Buat profile yang jelas
Yang menunjukan siapa diri Anda dan apa bidang keahlian Anda, kecuali memang Anda membuat sebuah account dengan identitas tersamar. (ingat sangat penting untuk mulai membangun brand positioning dari profile pribadi Anda).











Identitas, baik itu yang menjelaskan mengenai data diri Anda secara pribadi, bidang keahlian Anda, alamat website atau blog Anda serta contect email atau nomor telepon merupakan jejak yang sangat penting untuk Anda tinggalkan di dunia online. Calon klien, teman ataupun supplier Anda pasti akan mengecek terlebih dahulu profile diri Anda sebelum mau berteman atau berbinis dengan Anda.

Selain itu identitas adalah gerbang untuk kita membangun positioning personal brand kita, jadi dalam tahap pengisian profile ini Anda sudah harus memikirkan masak-masak hal ini dan juga ingat hal di atas, website atau blog Anda sudah harus sesuai dengan brand positioning Anda.

2. Followlah account-account yang bersifat share account
seperti @updateblog (account di mana Anda bisa mengirimkan update an blog Anda  dan kemudian bila update an blog Anda memenuhi syarat account @updateblog tersebut akan menshare link artikel di blog 
Anda ke seluruh followernya).

















Account-account ini akan membantu Anda untuk lebih mudah terkenal tentunya, namun yah perlu dicatat bahwa Andapun harus menshare sesuatu yang memang berguna bagi banyak orang dan relevan dengan komunitas dari account-account tersebut. Jangan lupa juga baca aturan main dari account-account tersebut.

3. Promosikan account twitter Anda di banyak media.
Baik online maupun offline. Seseorang yang mungkin sudah mengenal Anda belum tentu tahu account twitter Anda. Untuk itu sertakan selalu account twitter Anda di web, blog, status instant messaging, hingga menyelipkannya di signature email Anda, untuk media onlinenya. Sementara untuk media offline, kartu nama adalah pilihan tepat untuk bisa memajang account twitter Anda. Media stiker juga bisa digunakan terutama bila Anda menggunakan twitter sebagai sarana promosi produk/ brand Anda. 

4. Program twitter Anda secara automatic.
 Salah satu situs yang dapat membantu Anda memprogram twitter Anda adalah www.twitvance.com Salah satu syarat Anda dapat dikenal dan memberi nilai lebih bagi para followers atau orang-orang yang belum jadi followers Anda adalah konsistensi Anda memberikan informasi yang bermanfaat. Dan saya yakin Anda tidak selalu punya waktu untuk itu. Maka sebaiknya setiap harinya ada beberapa tweet yang sudah ada program sebelumnya, misalnya tentang artikel2 yang bermanfaat atau quotes-quotes yang berhubungan dengan positioning yang ingin Anda bangun.


Namun penting untuk diperhatikan! Dilarang sepenuhnya twitter hanya Anda program, karena para followers ingin Anda yang sebenarnya, Anda yang adalah manusia bukan mesin yang terprogram. Twitvance bisa membantu Anda dalam menjaga konsistensi namun Anda tetap harus hadir menjawab semua pertanyaan dan tentu saja melakukan live tweet yang melibatkan emosional yang nyata kepada para followers

5. Tweetlah sesuatu yang berhubungan dengan personal branding yang ingin Anda bangun.
Tentu tidak harus setiap saat berhubungan dengan  personal branding tersebut  , namun Anda harus secara konsisten melakukan tweet tersebut.


Safir Senduk merupakan Perencana Keuangan yang sangat konsisten melakukan tweet berhubungan dengan rencana keuangan, hal ini sangat penting karena memang personal brand yang ingin dibangun adalah demikian. Namun tentu kadang-kadang di timelinenya ada tweet yang tidak berhubungan dengan keuangan, it’s ok tentunya.

6. Buat link yang mengarah pada website/ blog/ situs pribadi
Buat link dalam profile yang mendirect seseorang yang ingin mengetahui Anda lebih jauh. Hal ini sangat penting karena profile Anda dan service/ product yang Anda tawarkan tentu tidak dapat ditampilkan di twitter secara lengkap.








Nah ini yang sangat sering digunakan oleh brand-brand besar untuk mem push awanreness brand, penjualan, follower dan berbagai objective perusahaan lainnya. Membangun personal branding melalui influencer ini juga merupakan sarana yang sangat efektif, namun pastikan follower dari si influncer merupakan segmen yang memang Anda tujuh dan ingat kadang menggunakan Influencer ini memerlukan biaya yang cukup mahal.

Nah bicara influncer ini adalah yang kadang memang dengan sukarela me retweet dan merekomendasi brand Anda karena memang buat mereka unik dan menarik, ada juga yang memang berbayar. Kalo mau gratis, coba ajah berteman dengan mereka hehe.

8. Manjakan followers Anda.
Jika Anda ingin membangun brand personal Anda, maka mau tidak mau Andalah produk dari brand tersebut. Memanjakan followers bisa salah satunya dengan memberikan hadiah. Lakukan interaksi dengan mereka melalui tantangan-tantangan yang unik dan menarik perhatian dan siapkan hadiah khusus bagi mereka. Tidak penting harga dari hadiahnya, yang penting adalah perhatian Anda kepada para followers.


Nah demikianlah 8 ide yang bisa kami sharing, semoga bermanfaat.
salam creative sales

5 comments:

Ali N R said...

Wah posting yang inspiratif. Mau langsung praktek deh. Terima kasih buat artikelnya gan. Twitter saya @cukladnyah akan saya daya gunakan untuk personal branding.

Salam

Sajakrerindu said...

Keren tipsnya, langsung jajal ah. Hehe

konveksi seragam online said...

ini dia yg saya cari...

Sarita dan segenggam Cerita said...

Thank you sudah berkunjung ke blog kami, semoga terinspirasi untuk terus berkarya

@saritasutedja

Gorden Minimalis said...

Tips-tipsnya berbobot dan bermanfaat..layak dicoba!

@HeriEfendiFG