Aug 1, 2011

5 Faktor Mengapa Brand Dipilih



Di antara membanjirnya berbagai brand dari berbagai kategori produk yang banyak mejeng di masyarakat, kadang membuat saya berfikir, apa ya yang membuat brand tersebut survive saat ini dan menjadi pilihan bagi para konsumennya?

Tentunya secara spesifik setiap brand memiliki keunikannya sendiri sesuai dengan target market yang mereka sasar, tetapi setelah sempat membaca sebuah artikel yang membahas 20 Brand terinovatif di Indonesia yang di tulis pada majalah MIX, kira-kira ada beberapa poin yang menjelaskan mengapa brand menjadi pilihan bagi para konsumennya. COba yuk kita diskusikan.

1. Biaya yang Efisien Harga Bersaing
Siapa sih yang ga tahu Air Asia, kalau kita ikutin twitternya atau sering baca Koran, pasti sudah tidak asing dengan berbagai penawaran dahsyat “Hanya 199.000 indonesia-Singapore”, wow cukup mencengangkan bukan. Wong tarif kereta dari Bandung ke Yogya saja saat ini sudah mencapai 180 ribu. Fenomena ini lah yang membuat air asia menjadi begitu populer di kalangan masyarakat luas sebagai pesawat murah yang aman terutama di kalangan “tukang kelililing dan tukang belanja” di Indonesia. Dengan positioning yang begitu melekat bahkan banyak dari kita mencari atau sengaja membuat rencana perjalanan unutk mengejar tiket murah yang ditawarkan. Dahsyat kan!!!

2. Kecepatan
Saat ini semua orang pengennya cepat, gak mau lama-lama. Tapi ini memang fenomena yang muncul lho sekarang, yang dulu orang terbiasa dan relatif masih lebih sabar untuk nungguin sesuatu sekarang nunggu dikit udah BT. Konsumen sudah mulai malas untuk menunggu dengan dalih “emang gue ga ada kerjaan apa harus nongkrongin lu”,

Kondisi inilah yang bisa dijawab oleh banyak brand sukses di Indonesia seperti Blitz megaplex yang menawarkan pemesanan tiket lewat online, konsumen udah ga perlu nunggu lagi, pokoknya gampang deh mau nonton tinggal online. Pilih film dan waktunya, klik, langsung aja capcus ke bioskop.

Tentunya jika kita memiliki hobi bepergian ke kota lain pastinya membutuhkan hotel untuk menginap, dahulu kita sering dibingungkan dengan “maaf pak hotelnya fullbook” padahal kita udah sampai di kota tujuan, atau tercengang-cengang dengan tarif hotel yang sudah didatangi padahal budget di saku minim. Sekarang semuanya bisa kita atasi, caranya klik www.agoda.com (masih banyak lagi situs lainnya) *waakkaka kaya iklan*, tapi serius ini bantu banget dan jadi solusi kalau saya mau pergi keluar kota. Kita bisa cek ketersediaan hotel dan pilih hotel di kota tujuan dengan tarif yang kita mau tanpa harus buang biaya telpon dengan tarif luar kota hanya dengan duduk manis dan sedikit usaha pada jari kita ?

3. Gak Ngejlimet
Pola hidup orang sekarang yang bisa dibilang “ribet”, membuat konsumen menjadi semakin manja dan agak males-malesan jika diberi sesuatu yang sulit. Pokoknya pengennya semuanya gampang dan gak nambah pusing kepala.

Inovasi menciptakan kemudahan ini lah yang ditangkap oleh BCA melalui berbgai variasi produk yang dimiliki dari mulai kartu debit, kartu kredit sampai yang terbaru kartu Flash, Konsumen sangat dimanjakan dengan berbagai fasilitas ini. Kita ga perlu pusing pergi ke ATM, tuker recehan karena pemilik toko ga punya kembalian uang ? Pokoknya tinggal gesek, uang yang terpakai persis sama sampai2 angka dibelakang koma hehe

4, Mudah Diakses
Konsumen : “Waduh mau cari toko penjual mesin ngepress platik dimana ya?”
Saran : “Coba aja di 108”,
Operator : “maaf pak nama tokonya apa ya, ooo kalau ga ada bapak bisa lihat yellow page”
Konsumen : “Argghhh gue cari yellow pages dimana ya, lagi kejebak macet lagi di tengah tol!!! ”
Saran : “ aha coba aja klik di smart phone Anda, www.google.com , masukkan kata kunci, enter ato kalo punya twittier mention ajah @tanyagoogle !!”
Konsumen : “yeee dapet !!!”

Kira-kira begitulah masyarakat sekarang dalam mencari informasi, oleh karena itu selain menjamur smart phone berfasilitas internet, buat yang suka ber-socmed dan punya twitter sudah banyak accout twitter yang khusus memberikan layanan informasi dari mulai lowongan pekerjaan, alamat dokter buat kelinci kesayangan, kondisi lalu lintas dll.

Pokoknya dengan sebuah HP di genggaman semua tersolusikan (berlebihan yah haha)?. Oleh karena itu sedapat mungkin kita sebagai pemilik Brand membuang berbagai barrier yang menjauhkan kita dari akses konsumen dengan  berbagai cara yang inovatif. Membangun jejaring online dan virtual office serta memberikan berbagai solusi distribusi agar konsumen mudah untuk mengkonsumsi brand yang kita miliki merupakan salah satu cara efektif yang perlu kita bangun.

5. Pokoknya Eksis dan di Kenal
Mau produk mahal atau produk murah pokoknya jaman sekarang yang penting eksis ! Eksis = Brandnya dikenal di mana-mana. Yah apalagi jika produk yang dijual menarget segmen yang lebih umum dan lebih luas, mau itu produk teknologinya udah jadi standart dan ga ada keunikannya (khan tinggal dibuat seolah-olah ada differensiasinya dengan bahasa iklan) serta diproduksi di negeri anta beranta, asal eksis dan di kenal, peluang untuk dibeli setidaknya udah selangkah di depan daripada brand yang ga dikenal.

Sebetulnya untuk beberapa brand, "ongkos" eksis dan di kenal saat ini cenderung lebih "murah" dengan munculnya sosial media seperti facebook dan twitter. Jadi tentu tidak ada alasan untuk tidak bisa eksis apalagi jika marketnya memang internet user.

Salam Creative Sales 

Sumber gambar: airasia.com

No comments: