Posts

Showing posts from October, 2013

Bolu Alexis

Image
"bro titip bolu Meranti or Bika Ambon yah nanti pas pulang dari medan". Sering tidak mendengar kalimat seperti ini ketika Anda sedang pergi atau berkunjung ke sebuah daerah di Indonesia, di mana teman, keluarga atau rekan kerja kita nitip makanan khas daerah tempat kita berkunjung tersebut? Pasti.

Nah ketika mengadakan seminar Creative Sales di Ibis Jakarta saya pernah ditanya soal makanan khas ini, begini kira-kira pertanyaannya "Pak di tempat saya, ada 1 brand yang iklan terus bahwa kalo ke daerah tersebut makanan khasnya adalah brand tersebut, pasang billboard segala, tapi kenapa yah yang ramai di beli orang yah yang sudah lama dikenal di daerah tersebut bukan brand baru itu padahal udah gencar iklan?". *Hari gini jualan masih percaya ajah iklan yang menentukan sukses atau tidak sebuah brand* hehe.

Nah ini menarik sekali tentunya, sebagai konsumenpun klo ada teman yang pergi sayapun melakukan hal yang sama, tapi pertanyaannya berapa berapa banyak brand yang Anda…

Obsessive Corbuzier's Diet, kontroversi Marketing?

Image
"THIS IS AN ANCIENT CHINESE SECRET that people forget and don't care...
WESTERN world has made a very money oriented business to gain money from
supplements and FAKE science and illegal drugs to make people looks good. yet they demand the people to suffer their life by dieting, and fear from lack of supplements..."

Obsessive Corbuzier's Diet (OCD), ga tahan juga buat nulis keheboaan OCD ini, bagaiamana tidak hampir setiap pembicaraan soal diet ataupun berat badan akan muncul pembahasan soal OCD saat ini, bahkan sampai orang tua saya yang tinggal di daerah pun ketika bertemu bertanya hal yang sama. Apa ini OCD, ini adalah metode diet yang diperkenalkan oleh Deddy yang hari ini saya baca di dalam ebooknya sudah di download lebih dari 2 juta ebook (wow) mungkin sudah lebih karena ini khan sudah lama dia tulis dan hebatnya lagi di ebook tersebut ditulis menurut hasil survey sudah 4 juta orang dalam 3 minggu yang melakukan OCD ini, Ruarrr biasa.

Yang menarik dan akhirnya ini…

Jualan Konten,Visi Bisnis Masa Depan

Image
Kemarin malam menyempatkan diri membaca sebuah headline berita dari Daily Social yang menyebutkan salah satu provider telekomunikasi di Indonesia, Indosat yang meresmikan peluncuran Ideabox sebuah program Inkubator Startup hasil pengembangan dari program IWIC (Indosat Wireless Innovation Contest), sebuah program pencarian developer-developer digital berbakat yang sudah diselenggarakan hingga tahun ke tujuh.

Nah jikaberbicara mengenai program Inkubator Startup, selain Indosat Telkom merupakan salah satu perusahaan di bidang telekomunikasi yang sudah menyelenggarakan program Inkubator Startup sejak 2 tahun kebelakang melalui program Indigo Incubator, yang di desain untuk mendukung perkembangan startup di Indonesia khususnya yang berbasis produk IT,dimana intinya akan dipilih beberapa startup digitalpreneur yang akan dibina, diberikan fasilitas, hingga pendanaan oleh Telkom.

Melalui tulisan kali ini saya tidak akan membahas mendalam mengenai inkubator startup, namun lebih pada bagaimana…

Bengkel Irit BBM .... Googling Ajah

Image
Hari senin seperti biasanya memulai rutinitas kerja ke Jakarta untuk bertemu dengan beberapa klien, singkat cerita sepanjang perjalanan saya di jalan tol dari Bandung menuju Jakarta pandangan saya kembali terfokus pada sesuatu hal yang menurut saya menarik untuk dijadikan tulisan, adalah spanduk besar yang terpampang di salah satu jembatan penyebrangan yang dilalui oleh tol Cipularang arah ke Jakarta yang saya maksudkan (mohon maap saya tidak ingat KM-nya).

Pertanyaannya apa yang menarik dari sebuah spanduk? paling kontennya berisi informasi atau paling-paling promosi? nah buat yang ngejawab begitu mungkin kalian ada benarnya juga, karena spanduk yang saya lihat itu memang berisi konten informasi dan promosi secara tidak langsung, lalu apa yang berbeda? adalah bagaimana konten tersebut dikemas dengan copywriting singkat namun berhasil menarik perhatian orang dan push to act karena penasaran.

Oke biar nggak nambah bingung iklan yang saya maksud adalah “Bengkel Irit BBM”, jadi yang men…

E-Cash, Uang Tunai di Hanphone

Image
Sekitar satu tahun yang lalu, saya sempat menyaksikan sebuah video semacam prototype sebuah produk bahwa beberapa waktu mendatang akan ada saatnya semua transaksi akan dilakukan melalui handphone pribadi masing-masing. Seseorang hanya perlu mendekatkan handphone mereka ke alat scanning untuk memindai data yang ada di handphone mereka ke alat pindai tujuan dia mentransfer informasi atau mentransfer dana. Handphone akan berfungsi sebagai mana layaknya sebuah dompet.

Bukan hanya media untuk melakukan transaksi, bahkan untuk menyimpan identitas diri kita. Ternyata ada beberapa brand yang sudah merealisasikan teknologi ini. Salah satunya adalah Bank Mandiri yang menamakan program E-Cash mereka dengan sebutan Mandiri Cash. Bedanya dengan prototype yang pernah dibuat di Youtube adalah tidak ada proses scanning. Transaksi dilakukan di handphone dan menggunakan koneksi internet untuk mentransfer informasi atau dana dari e-wallet mereka ke channel tujuan mereka.

Kalian sudah dengar berita terb…

1000 Nasi Goreng Gratis, Bayar Pake Doa

Image
Bandung ini memang gudangnya kreativitas apalagi yang berkisar soal makanan, mulai dari nama-nama brand yang aneh seperti Ceker Setan, Bebek Garang Segar Merangsang sampai sekarang muncul lagi satu brand nasi goreng dengan nama Nasi Goreng Mafia. Wuihh serem juga namanya yah, tapi eits jangan negatif dulu, Mafia ini kepanjangan dari Makanan Favorit Indonesia, yaitu ....... Yah nasi goreng.

Nah di promonya yang akan mereka akan launching Jumat, Sabtu, Minggu ini ada program yang cukup heboh apa itu? Yah Makan Nasi Goreng Gratis sebanyak 1000 Piring, Bayar Pake Doa. Wah serius nih, mungkin dalam bayangan kita rugi banget yah membagikan nasi goreng gratis sebanyak itu, tapi eits #lagi tunggu dulu, nanti lihat point2 yang akan saya di bahas mengapa menurut saya program ini justru cost effective dan push to action sekali.

Dari pembicaraan dengan salah satu owner Nasi Goreng Mafia ini, mereka men klaim merupakan nasi goreng dengan bumbun rempah pertama di indonesia (kurang lebih 15 rempah …

Ganteng Maksimal & Cross Media Campaign

Image
Beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti Workshop Creative Sales di hotel Ibis Tamarin Jakarta, kebetulan memang teman-teman saya yang menjadi pembicara, nah di salah satu sesi workshop tersebut ada sesi terakhir yang cukup menarik untuk dijadikan pembahasan dalam tulisan kali ini, adalah Cross Media Campaign materi yang disampaikan di sesi terakhir oleh pembicara dari creasion-education, Andi Primaretha.

Cross Media Campaign tentunya memberikan insight baru bagi saya, kalo yang saya pahami Cross Media Campaign merupakan sebuah aktifitas bagaimana kita memaksimalkan aktifitas promosi yang mengangkat campaign tertentu dengan mengintegrasikan beberapa media (menjadi cross media), misalkan di ranah online (website, social media, google, hingga mobile apps), media ATL (tv ads, radio, billboard), dan media BTL seperti event, nah intinya sih bagaimana kita mengemas campaign kita secara sinergi kedalam beberapa media tersebut (sinergi).

Lantas apa yang melandasi tulisan saya kali ini? tent…