Posts

Showing posts from July, 2013

Free Trial, Cicip Dulu yg Penting

Image
Beberapa minggu ini saya sedang senang-senang nya ngulik hal-hal yang berkaitan dengan kuliner, sebagai salah satu kontributor tetap www.ceritaperut.com otomatis saya dan teman-teman kontributor memang jadinya sering explore hal-hal yang berkaitan dengan kuliner, walaupun sebenarnya ketertarikan utama memang karena awal nya kita sangat mencintai makanan dan minuman, heheheh... iya juga lah siapa juga yang ga seneng makan heheheh...

Dari hasil explore explore itu pada akhirnya kita merasa kalo ternyata ngomongin soal makanan dan minuman, sekedar kripik, cemilan, sampe dengan kue dan cafe resto, kunci utama untuk disukai sama banyak orang benar-bener terletak di urusan cicip mencicip, itu dia sebabnya pada akhirnya saya seringkali mendengar istilah: “yang penting orang jilat dulu deh, urusan abis itu dibuang atau diabisin jadi urusan kedua”

Saya jadi teringat percakapan dengan Owner Mom Milk beberapa waktu lalu di Solo, di mana saat itu ketika pertama kali membuka cafenya yang cukup be…

Strategi Harga Loss Leader "Telor kok murah?"

Image
Si Dani: "Kalo gua beli daging sapi mah ke Supermarket A biasanya, aneh juga sih harga lebih murah dari pasar tapi kabarnya kualitas yang terbaik"

Si Budi"Eh bener lagi, gua juga kalo beli telor ke Supermaket A, soalnya harganya murah banget, gua pernah datensg ke supplier telornya dan si suplliernya ajah kadang sampe aneh sendiri, kok tuh supermarket bisa kasih harga lebih murah dari supllier haha"

Inilah percakapan beberapa hari yang lalu yg seru kami lakukan sepulang gym, membahas bagaimana di sebuah supermarket bisa memberikan harga yang bahkan bisa lebih murah dari suplliernya "yah tentu berdasarkan pengakuan dan pengalaman dari dua sahabat saya tersebut, apakah betul memang perlu saya cross check lagi hehe"

Sebetulnya tidak aneh juga sih, kalo kita perhatikan sering sekali bukan Supermarket melakukan promosi menggunakan taktik harga lebih murah yang diiklankan secara massive di koran dan bahkan billboard, bahkan dibeberapa kesempatan saya sering liha…

Starbucks Catering, Ngejer Setoran?

Image
Punya acara/ hajatan seperti Ultah, Pernikahan atau Party tapi maunya menyediakan Starbucks di rumah, kantor atau tempat yg kita inginkan? Jangan khawatir, ternyata bisa loh, yah tentu bukan dengan kita membeli Starbucks di counternya terus kita bawa pulang, kalo itu sih semua juga tau hehe.

Iseng nongkrong di Starbucks, saya mengambil sebuah brosur, dan ini nih yang paling saya sebel sebagai orang marketing, kok bisa-bisanya gua baru tau kalo ternyata Starbucks punya Out-of-Stores Catering Service (bahasa mudanya catering). "Bringing Starbucks to You", hehe klo biasanya kita "Finding Starbucks for Me" nah kali ini Starbucks nawarin dianya dateng nyamperin kita ke mana yang kita mau.

Varian Starbuck catering yang bisa kita pesan terdiri dari  Starbucks Mobile Truck, Starbucks Mobile Van, Starbucks Mobile Kiosk dan Outside Store Catering. Pertanyaan utamanya, kenapa konsumen mau pesen? Ok kita asumsikan tentu kita target marketnya yah.

Keren. Yah lah buat acara stan…

3 Tips Bundling Taktik Untuk Meningkatkan Penjualan

Image
Ada beberapa macam taktik promosi yang memiliki tujuan untuk menekan penjualan. Cara yang paling umum adalah dengan menyertakann diskon atau potongan harga. Namun bagaimana jika kita ingin memberikan potongan harga dengan cara yang lebih elegan plus bisa menambah value bagi brand tersebut? Kita bisa menggunakan strategi bundling!

Ini contohnya. Satu botol soft drink berukuran 1,5 liter seharga 12ribuan dan satu kaleng wafer seharga 20ribuan. Kedua produk ini bisa didapat keduanya sekaligus dengan paketan harga sejumlah 60ribuan, terdiri dari 2 botol soft drink dan 2 kaleng wafer. Konsumen tidak bisa membeli softdrinknya saja ataupun membeli wafernya saja untuk mendapatkan harga spesial itu.

Sama halnya dengan yang sering dilakukan oleh para brand-brand provider yang ada di Indonesia saat gadget atau smartphone terbaru masuk ke Indonesia. Pada peluncuran Galaxy S4 bulan lalu, misalnya. Galaxy S4 dengan harga normal sekitar 9 sampai 10 jutaan pada saat pertama kali launching, dibundlin…

Cross Selling Ala Cici Koko

Image
Ngomongin soal jualan, saya jadi teringat masa-masa ketika saya masih kecil suka ikut Mama ke pasar. Karena masa kecil saya memang dihabiskan di kawasan yang mayoritas penduduknya etnis Chinese, makanya pasar yang saya kunjungi sehari-hari juga adalah pasar yang customer maupun penjual nya mayoritas hadir dari kalangan Chinese juga.

Banyak yang mengatakan kalo orang Chinese pandai sekali berdagang, awalnya saya masih kurang paham apa yang dimaksud, tapi beranjak dewasa saya mulai mengerti dari mana persepsi itu terbentuk, heheheheee.... kalau di ingat-ingat, memang para pedagang di Pasar Muara Karang (pasar yang dekat sekali dengan tempat tinggal saya dari kecil sampai SMA) ini seringkali melakukan aktifitas cross selling.

Mungkin saat itu para Cici-cici dan Koko-koko disana belum ada yang paham apa itu cross selling, tapi disadari atau tidak sebenarnya mereka sudah melakukan cross selling, baik dengan cara yang halus maupun dengan cara yang agak hard selling, misal kalimat2 seperti:…

Limited Offer Tactic Air Asia

Image
Saya awalnya bukan tipe orang yang senang mengunjungi berbagai macam tempat, terutama dengan menggunakan pesawat. Awalnya saya tidak suka travelling. Menurut saya, travelling itu butuh banyak persiapan. Dimulai dari packing, menyiapkan barang-barang bawaan, sampai ke hal-hal yang berkaitan dengan finansial: membeli tiket transportasi.

Namun rasanya hal ini hanya bersifat temporer. Saya jadi senang travelling. Jika diulik faktor penyebab kenapa saya sekarang jadi menyukai travelling mungkin di ujung akan menemukan satu poin berkenaan dengan perkembangan dunia penerbangan di Indonesia.

“Ke Malaysia, hanya 49ribu! Jadwal beli: 15 – 20 Jan 2013. Beli sekarang di airasia.com!”. Siapa yang tidak mau? Bahkan yang tidak menyukai travelling pun bisa jadi akan tergiur melihat penawaran seperti ini.

Kemunculan promo-promo yang diluncurkan perusahaan maskapai penerbangan Air Asia ini seolh menjadi solusi bagi para traveler atau traveler-want-to-be yang ingin travelling murah. Tentu saja promo-pro…

3 Taktik Ngejar Omset Lebaran

Image
Sudah bukan rahasia lagi bagi kita pelaku bisnis di Indonesia, saat Lebaran adalah saat yang bikin deg-degan. Kaitannya dengan omset bisnis, saat Lebaran cuma ada 2 kemungkinan :) kalo ga omset dahsyat banget, omset drop banget :) Hal ini tergantung bisnis kita termasuk industri yang naik atau yang turun saat mendekati hari Lebaran. Industri yang naik biasanya jika industri tersebut berhubungan dengan perubahan perilaku tren masyarakat kita menjelang hari raya.

Tapi jangan khawatir, karena ada atau tidak ada hubungannya bisnis Anda dengan perubahan tren tersebut, kita masih bisa memikirkan apakah bisa meningkatkan penjualan selama bulan ramadhan ini. Apalagi bagi yang produknya mendukung kebutuhan hari Raya.

Supaya lebih mudah dalam menyusun program peningkatan penjualan Anda, kita bisa menggunakan credo Creative Sales yang terdiri dari Buy Leads, Buy Now, Buy More, Buy Often dan Buy Recommendation. Kita bisa menyusun program berdasarkan tujuan masing-masing, terutama dalam rangka me…

Private Label, Lampu Kuning Pemilik Brand

Image
Kaget juga pas kemarin beli beberapa kebutuhan sehari-hari di Indomaret, pas dilihat-liat Tisue, Air Miniral Botol, gula dan Cotton But ternyata punya satu Brand yaitu Indomaret. Kaga salah? Iya bener kok, semua produk yang saya beli di atas menggunakan Brand Indomaret. Soal harga? ah pastilah lebih murah, kenapa beli? lah kenapa enggak, Indomaret terkenal kok hehe.

Dalam poduct taktik, ini dinamakan Private Label, yaitu menggunakan nama Toko/ Retailer kita untuk berbagai macam produk yang dijual di dalam toko/ retailer kita tersebut. Biasanya taktik seperti ini digunakan oleh pemilik toko yang menjual berbagai macam kebutuhan masyarakat seperti Indomaret, Alfamart, Yogya, Carefour dsb.

Ini sebuah bahasan yang cukup menarik sebetulnya apalagi brand-brand retailer besar seperti carefour menggarap ini dengan cukup massive sampai sirup pun mereka keluarkan private labelnya tentu dengan harga lebih murah dibandingkan sirup branded dari produsen lain yang juga menjual produknya di Carefo…

The Power of Free Marketing Ala Google

Image
Gmail, Google Search, Hangouts, Android, Google+, Keep, Chrome, Youtube, Google Insight, Google Keyword tool Box, Google translate, Google Adsense, Blogspot, List di atas adalah fasilitas yang hampir setiap hari saya gunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari email, chatting, mencari informasi, menyimpan pesan, melihat iklan, menggunakan browser sampai mencari aplikasi gratis maupun berbayar melalui handphone.

Tebak apa yang menjadi persamaan semua produk di atas? yak mudah sekali semua disediakan oleh google secara GRATIS. Tidak ada satupun fasilitas yang saya gunakan diatas berbayar, dan hebatnya dengan semua FREE tersebut, hampir sebagian besar memberikan solusi untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari saya di perusahaan. Atau ada dari Anda yg tidak menggunakan salah satu fasilitas yang saya sebut diatas sehari-hari? Rasanya hampir mustahil kita tidak menggunakan salah satu tools di atas apalagi jika berhubungan dengan bisnis.

Nah yg unik kemudian saya sering sekali ditanya jika s…

5 Kiat Sukses Usaha Kecil

Image
Bermimpi buat jadi pengusaha? Siapa sih yang nggak mau. Setiap orang yang bukan pengusahapun setidaknya pernah berpikir untuk jadi pengusaha. Lihat saja dalam kurun 3 tahun terakhir ini, di Bandung saja setidaknya sudah mulai menjamur pengusaha-pengusaha baru baik dari bisnis kecil, menengah dan besar.

Perkembangan bisnis dan teknologi saat ini memang secara tidak langsung mengubah paradigm cara berpikir manusia mengenai pola pemakaian dan pemanfaatan teknologo yang digunaka, sehingga salah satunya muncullah bisnis online yang bertebaran di facebook dan media internet lainnya.

Dengan didukungnya semakin bertambah banyaknya orang yang mulai membangun usaha, mulai banyak juga bertebaran aktifitas training dan seminar yang mengangkat dan mengusung tema sukses jadi pengusaha, entrepreneurship dan lain lain.

Tidak main-main harganya bisa dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Tapi sebenarnya apa sih yang perlu diperhatikan secara mendalam ketika kita ingiin ikut terjun menjadi pen…

"Instagram" versi Muslim

Image
Seperti yang kita ketahui bahwa social media berbasis picture atau image masih dipegang oleh Instagram. Banyak aplikasi-aplikasi baru yang diluncurkan oleh para developer ahli di dunia digital yang mengembangkan konsep Instagram ini ke hal spesifik lain, namun akhirnya menjamur juga karena pada akhirnya para user tetap memilih untuk ‘hidup’ di akun Instagramnya daripada ‘hidup’ di aplikasi serupa yang justru mereka dapat juga di Instagram.

Instafood, contohnya. Dari beberapa aplikasi mirip Instagram yang berhasil dikembangkan, Instafood menjadi salah satunya. Namun, tetap saja semua market share terbesar masih dipegang oleh Instagram itu sendiri, karena Instafood hanya dikhususkan untuk gambar bertema makanan atau restoran.

Hal ini ternyata diikuti lagi oleh para developer lainnya. Baru-baru ini, telah diluncurkan aplikasi serupa Instagram yang mimiliki target audience yang lebih niche yaitu untuk para muslim. Sistem kerjanya hampir sama, yaitu memfoto atau mempublish file foto kemud…

Smart Tactic, Manfaatin Raksasa Buat Branding

Image
Ada banyak cara untuk megembangkan bisnis kita menjadi lebih unggul dan kompetitif. Salah satunya adalah dengan mengembangkan unsur-unsur yang berkaitan dengan perusahaan (C= Company) kita. Di samping itu, ada tiga cara untuk mengembangkan kompotensi perusahaan kita: mengoptimalkan kompetensi internal, membeli kompetensi baru yakni merger atau akusisi, dan membentuk aliansi strategis untuk mendapatkan banyak keuntungan bisnis. Dari tiga hal tersebut, apakah kita bisa menggunakan semuanya? Bisa saja. Balik lagi ke internal perusahaan itu sendiri. Apakah cukup kompeten untuk memaksimalkan strategi di internal dan juga eksternal.

Yang akan saya bahas di sini adalah mengenai cara Foodpanda mengembangkan bisnisnya. Baru-baru ini, Foodpanda mengumumkan bahwa dia resmi bekerjasama dengan Pizza Hut Delivery. Foodpanda merupakan sebuah portal online yang menawarkan delivery service makanan dengan melakukan pengorderan makanan via online. Foodpanda di Indonesia sudah bekerjasama dengan sekitar…

Ramadhan: Line vs Kakao

Image
Bulan Ramadahan emang surga nya produsen dan pemilik brand untuk mulai campaign bertema Ramadhan, malahan bukan cuma produk2 aja, semua pemilik usaha berebut bikin tema campaign Ramadhan, mau itu stasiun TV, program acara, produk makanan minuman, service (kartu kredit, bank, asuransi), mall dan supermarket, FMCG, bahkan sampe layanan provider dan juga messenger.

Iklan2 yang beredar di semua media saat ini mayoritas menyajikan tema2 Ramadhan, baik itu TVC, billboard, majalah dan koran, bahkan sampe iklan di media on line, mau itu iklan google, iklan detik ataupun iklan di messenger itu sendiri. Pertarungan antar platform penyedia jasa messenger juga sudah mulai “panas”, sebut saja yang sekarang sedang giat2 nya berusaha untuk mengakuisisi member: Line, Kakao Talk, WeChat. Budget yang digelontorkan juga engga tanggung2, saya ga tau nominal pastinya tapi klo melihat kahadiran iklan2 nya di media TV dan media on line, wah..wah... seperti nya bukan jumlah yangsedikit.

Yang terbaru untuk m…

Akun Anonim, Apa Motivasimu?

Image
Berapa banyak akun anonim di dunia twitter Indonesia saat ini? Buanyaakk sekali sampe ga bisa lagi dihitung pake alphabet jumlah kali yah hehe, mulai dari aku yang bersifat motivasi sehari-hari, motivasi bisnis, motivasi kaya, akun yg bersifat sharing ilmu, agama, musik, film, akun info daerah sampai ke akun yg cukup kontro versial seperti TrioMacan2000 yang membahas korupsi dan politik yang sering bikin banyak orang kebakaran jenggot.

Salah, atau ada masalah? yah tentu tidaklah, apalagi kita bicara dalam konteks marketing sejauh topik bahasannya tidak mengarah pada hal negatif ataupun provokatif yang tidak dapat dipertanggung jawabkan isinya. Justru dalam beberapa kasus, saya sering menganjurkan bbrp klien untuk menciptakan akun anonim ini bagi kepentingan brand selain tentu membangun akun formalnya.

Pertanyaan yg selalu menggelitik saya dulu adalah ngapain sih nih akun-akun anonim ini dibuat? yah setelah mempelajrinya lebih dalam, ngobrol langsung dgn owner-owner akun anonim dan me…

Aku, Mama, Starbucks dan Pisang Sunpride

Image
Kejadian 1
Alkisah suatu hari saya membawa pisang Sunpride pulang ke rumah dan kemudian pisang tersebut saya letakan di meja, tak lama ibu saya kemudian memakan pisang tersebut dan berkata "pisang apa nih nak, kok kurang manis yah dibanding pisang yang biasa mama beli", "Oh itu pisang Sunpride ma, tuh 8 biji harganya 16 ribuan" Nyokap "Yang bener, mama beli pisang di pasar ajah cuma 15 ribu dapet dua sisir, lebih banyak lagi".

Kejadian 2
Alkisah kembali, ketika sedang jalan-jalan di Mall, "ma sebentar mau beli kopi dulu di starbucks" kemudian saya membeli segelas kopi dan kembali jalan dengan ibu saya "mau nyobain ga ma, enak nih" Mama "boleh" diminumnyalah kopi tersebut kemudian beliau berkata "ah enakan kopi buatan mama di rumah, si papa pasti ga suka tuh, kopi gini doang dijual di mall", Saya "tau ga ma harganya berapa? 38 ribu loh", Mama "Uedannn kamu yah, apa kurang kerjaan beli kopi 40 ribu, bisa b…

Creating Sales via Crowd Sourcing

Image
Buat yang suka online nampaknya akan cukup familiar dengan yang namanya sribu.com, tees.co.id, dan gantibaju.com, dibalik kesamaan diantara ketiganya yang merupakan sebuah bisnis berbasis online adalah metode “crowd sourcing” yang mereka gunakan salah satunya sebagai bagian dari upaya mereka menjalankan bisnisnya tersebut.

Nah apa sih crowd sourcing? menurut kamus dari William-Webster : “crowd sourcing merupakan praktek memperoleh layanan yang dibutuhkan, idem atau konten, dengan meminta kontribusi dari sekelompok besar orang, dan terutama komunitas online”.

Gampangnya sebagai gambaran untuk 3 role model yang sudah saya jelaskan, ketiganya menjadikan metode crowd sourcing menjadi bagian dari bisnis mereka misalkan sribu.com yang mengundang para desainer freelance professional untuk berkontribusi menjadi desainer sribu.com, jika karya mereka terpilih yang dapet bagian tentunya. Selanjutnya gantibaju.com yang mengkombinasikan jualan baju, dengan e-comerce, dan crowd sourcing dimana mer…

Wajib Buat Pebisnis, Office Sales Check Activites

Image
"Gawat gua kalang kabut nih dengan perkembangan bisnis gua"
“Hah? Kok bisa sampai kalang kabut sih?”
“Hmmm gak tau juga nih gue kenapa tapi semua rada ga jelas hariannya, mulai dari report, hasil dan detail jalannya sales”

Ayo siapa yang merasa bisnisnya lagi kalang kabut? Percakapan diatas mungkin pernah Anda alami. Sebenernya sih ini cerita yang penulis alami, hihi. Tapi tenang, kalimat terakhir dari percakapan diatas adalah topik yang akan saya bahas kali ini, Manage Your Sales Activity. Ayo siapkan diri buat baca paragraf-paragraf yang akan saya paparkan ya. Dan..tetap fokus! Itulah cara ampuh untuk memperbaiki capabilitas organisasi perusahaan Anda khususnya dibagian sales.

Buat para pebisnis yang masih pemula nih, gak perlu nunggu harus mapan atau maju dulu kok baru kita bener-bener bikin sales activity. Justru, mulai dari sekaranglah, mulai dari yang kecil-kecil sajalah dulu, dan mulailah dari saat ini.  Yuk, kita buat activity sheet untuk mengontrol penjualan kita suda…

Social Media, Peluang atau Ancaman?

Image
Ngobrolin lagi social media pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sedikit mengenai trend social media khususnya dalam konteks user (konsumen) dan fungsi dalam bisnis, kenapa? karena dalam kenyataannya kemunculan social media ini menjadi dua sisi mata uang dalam bisnis.

Pertama bagi para pelaku bisnis konvensional kemunculan social media ini tentunya menjadi ancaman bermunculannya pesaing baru, kedua bagi sebagaian orang dan pelaku bisnis konvensional kemunculan social media menjadi peluang yang sangat menarik dan menjanjikan.

Dalam konteks analisa 4C khususnya aspek costumer trend merupakan salah satu aspek yang turut berpengaruh pada pola perilaku konsumen (costumer behaviour) yang secara tidak langsung juga akan berdampak kepada para pelaku bisnis yang memanng menjadi bagian penting dari konsumen itu sendiri.

Nah langsung saja kita bahas kedua point tersebut, mengenai bagaimana melihat trend social media dalam bisnis dalam hal ini sebagaian pelaku bisnis melihatnya sebagai p…

Jual Pulsa Plus Asuransi

Image
Banyak sekali aspek-aspek yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan untuk bisa menjaga kelangsungan bisnisnya. Memperkuat diferensiasi ataupun melakukan inovasi-inovasi pada bisnisnya adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kelangsungan bisnis. Seperti yang dilakukan oleh XL. PT. XL Axiata Tbk bekerja sama dengan Bisma & Equity Life Indonesia menciptakan pelayanan baru yaitu perlindungan asuransi jiwa kepada para pelanggan setia XL.

Case Study yang saya bahas di sini masih memiliki kaitan erat dengan 4C. Bedanya, di sini saya hanya fokus terhadao unsur C Competitor. Kita posisikan bahwa kita ini adalah si pemilik brand dari XL. Dengan pengembangan bisnis untuk menyediakan layanan asuransi jiwa pastinya konsep tersebut tidak datang tiba-tiba. Ada beberapa hal yang mereka analisa dan teliti terlebih dahulu. Di sini, saya akan fokus terhadap segi Competitor.

Tanpa kita sadari, terkadang hal yang membuat kita berubah menjadi baik dari hari ke hari itu karena adanya peran…

4 Pivot Strategy, Biar bisnis ga masuk jurang

Image
Ada yang bilang kalo bikin bisnis itu lebih gampang daripada mempertahankan bisnis.. mmhhhh menurut Anda gimana? Kalo menurut saya hal ini ada benarnya lho! Kenapa? Karena seringkali saat Anda memulai bisnis, Anda mengerahkan 1000% tenaga dan pemikiran Anda supaya bisnis Anda “jadi” tapi begitu bisnis Anda jalan dengan keuntungan yang lumayan, seringkali banyak jebakan2 yang tidak sadar ada di depan mata..

Banyak yang bilang kalo mau bisnisnya survive kuncinya adalah inovasi.. nah lho.. tapi kadang ga kepikir juga ya inovasi belah mana??? Inovasi kan juga luas……

Nah akhir pekan kemarin saat saya mengikuti sesi Juwanda Ajun, salah satu sosok penting dibalik kesuksesan kampanye RK beberapa waktu lalu, saya mendapatkan beberapa pencerahan terkait “inovasi” apa saja yang bisa kita lakukan dalam menyelamatkan bisnis kita saat melihat jurang di depan…

Dalam melakukan inovasi atau perubahan tersebut ada yang namanya istilah “pivot”. Ya.. seperti makna di dalam permainan basket, pivot adalah…

6 Tips Membangun Kepercayaan Konsumen

Image
Mungkin banyak sebagian konsumen dalam menentukan dan memilih produk untuk dibeli dan digunakan bukan hanya melulu soal kualitas yang bagus dan brand yang terkenal, tapi mungkin saja karena penjualnya yang ramah dan menyenangkan.

Hehe. Banyak saya rasakan sendiri hal-hal seperti itu. Sama seperti halnya ketika saya membeli sebuah kepingan DV Film, saya akan lebih suka membeli di Penjual A, walaupun sebenarnya jumlah koleksi filmny nggak terlalu banyak tapi penjualnya sangat ramah dan informative karena dia paham betul perkembangan film-film baru yang ada, daripada saya harus beli ke penjual B, ya walaupun koleksinya lebih lengkap, dia agak jutek dan pelit informasi, apalagi kalo saya tidak membeli dan hanya Tanya-tanya saja.

Membangun kedekatan emosi itu menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam upaya meningkatkan penjualan untuk pengembangan bisnis dan brand. Bagaimana tidak? Dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik, secara langsung akan membuat konsumen merasa senang d…

Google Ads, Pasang iklan sesuai target

Image
Ngomongin soal iklan, pasti udah banyak sekali ya iklan yang dibuat oleh para perusahaan besar maupun menengah untuk mendapatkan perhatian dari para pelanggannya. Dengan iklan, maksud yang ingin mereka sampaikan, menjadi lebih mudah tersalurkan. Dengan iklan juga, orang menjadi tertarik untuk memutuskan produk mana yang akan dia pilih, tergantung dari sebagaimana iklan tersebut dapat meyakinkan para konsumen, atau bahkan dengan menggunakan artis terkenal di sebuah Negara sebagai endorser produk tersebut.

Iklan televisi bisa membutuhkan dana sekitar ratusan juta rupiah, besar kecilnya iklan ditentukan dari pemilihan jam tayang dan frekuensi munculnya iklan. Kenapa ya banyak yang pasang iklan di TV? Ya karena masih banyak orang yang menonton TV, dan memang masih banyak juga orang yang memperoleh informasi mengenai produk tersebut dari iklan TV. Tapi pernahkah kita perhatikan, bahwa iklan-iklan produk anak-anak, sering sekali muncul di hari minggu di saat banyak program TV anak pada beb…

Brown & Cony: Is it love?

Image
Beberapa hari ini saya sering sekali mendapati parodi dan cerita2 lucu yang beredar, baik itu melalui whatsapp messenger, path, youtube, dan juga twitter. Salah satu tema yang saya paling suka adalah tema Brown & Cony.

Karakter unik dan lucu milik LINE, salah satu vendor messenger yang sekarang sedang giat2 nya menggarap market anak muda di Indonesia. Kalau di artikel saya sebelumnya saya lebih banyak membahas dari sisi LINE menggarap Indonesia, maka kali ini saya tidak akan membahas LINE lebih jauh, tapi fokus di dua karakter Brown & Cony.

Bisa dikatakan kedua karakter ini sangat mudah diingat dan diparodikan oleh banyak org yang aktif di Online, bahkan sering kali beredar banyak di akun-akun on line saya.

Kelucuan ekspresi dan tingkah laku mereka, baik yang dilakukan solo (sendiri) maupun bersama (berdua) memancing kreatifitas orang-orang yang iseng untuk banyak berkreasi, uniknya lagi sebenarnya hal ini justru menjadi nilai positif dan menguntungkan untuk LINE sendiri, kar…

Jeremy Teti BBM CAMPURAN --- Instant Fenomena

Image
Siapa Jeremi Tetti? Mungkin kalo yang ga suka nonton berita nama ini kurang familiar yah, yah kalo suka nonton berita sih harus tahu atau setidaknya pernah dengar nama tersebut.

Saya pribadi sudah cukup lama mengetahui kalo Jeremy Tetti merupakan penyiar berita TV di SCTV, rasanya sudah cukup lama beliau berkerja sebagai anchor kali yah. yah waktupun berlalu, dgn banyanya penyiar TV baru yang jauh lebih enak di lihat hahaha (yah lah saya suka penyiar wanita, Jeremy kan cowo) nama Jeremi Tetti dan acaranya juga udah ga pernah saya tonton.

Nah tiba-tiba beberapa minggu ke belakang nama tersebut mendadak kembali TENAR atau bahkan sangat tenar dengan kemunculan video youtube yang sampai hari ini sudah ditonton lebih dari 2.9 juta viewrs yg dibuat oleh @EkaGustiwana. Ini baru youtube channel, blom lagi undangan dari Bukan Empat Mata Tukul Arwana yg membuat Jeremy Tetti menjadi lebih heboh lagi, yah bisa kita duga ujung-ujungnya akan seperti Arya Wiguna mungkin yah hehe, jadi bintang di du…