Posts

Showing posts from June, 2013

13 Rahasia Kesuksesan Online Media Kampanye Ridwan Kamil

Image
Kemarin (23/06) adalah momen yang cukup mendebarkan untuk sebagian masyarakat Bandung yang menantikan hasil pemilu walikota dan wakil walikota Bandung yang baru. Hasil data quick count terakhir dari JSI menunjukkan bahwa pasangan Ridwan Kamil dan Oded berhasil melesat di urutan pertama dengan perolehan suara 45,98%. Terkait hasil resminya, kita akan menantikan pengumuman resmi dari KPU.

Namun terlepas dari berapa hasil akurat perolehan suara, ada hal yang ingin saya bahas melalui artikel ini yang menunjukkan kekuatan Online Media di balik kesuksesan kampanye Ridwan Kamil dan Oded (RIDO)

Banyak yang berpendapat bahwa “Indonesia belum saatnya percaya pada Media Online”. Hal ini seringkali menjadi pertimbangan para pebisnis dalam menentukan apakah mereka akan mulai melakukan investasi brand mereka melalui media Online. Dan semoga kita bisa belajar terkait pemanfaatan efektifas media Online dalam case study kampanye RIDO yang berhasil meraih impresi tertinggi di Social Media selama masa…

Meretas Segmentasi Konsumen Di Social Media

Image
Tema yang akan kita bahas kali ini kebetulan membahas mengenai Segmentasi, nah kalo ngomongin aktifitas bisnis apapun itu, tentunya nggak lepas dari yang namanya Segmentasi, kenapa? karena bisa dibilang Segmentasi merupakan salah satu fondasi awal dari kebijakan Strategi Marketing atau Branding yang akan kita eksekusi, nggak hanya itu Segmentasi juga merupakan salah satu bagian pertama yang diperhatikan ketika kita sebuah bisnis menghasilkan sebuah produk.

Kenapa membahas Segmentasi dalam konteks konsumen di Social Media? tentunya dalam tulisan-tulisan sebelumnya banyak dibahas mengenai Digital Marketing, bagaimana sebuah aktifitas marketing dari yang sebelumnya vertikal menjadi horizontal dengan adanya media digital seperti internet dan Social Media, sebuah media yang turut memunculkan Digitalpreneur menjadi para pelaku bisnis online yang sukses. Mungkin melalui tulisan ini saya hanya ingin membahas sedikit mengenai gambaran bagaimana meretas Segmentasi di Social Media khususnya.

Se…

Isi Kepala + Go Back Analog + Get Bored = Kreativitas

Image
Agenda acara rutin saya setiap Sabtu atau Minggu sore adalah jalan-jalan ke toko buku. Kalau jalan-jalan ke toko buku biasanya saya akan mengosongkan pikrian dan keinginan, karena biasanya chemistry akan muncul di buku-buku yang tak terduga. Seperti kemarin saat saya jalan-jalan tiba-tiba saya jatuh cinta dan tertarik banget dengan buku karangan Austin Kleon yang berjudul “Steal like an artist!”.

Buku ini lebih kurang menjelaskan tentang 10 hal yang tidak kita ketahui tentang kreativitas. Beberapa hal bersifat umum, sudah kita ketahui sebelumnya, namun beberapa sangat inspiratif dan patut dicoba! Saya akan share di akhir artikel ini.

There’s nothing new under the sun
Jika selama ini Anda cukup desperate merasa bahwa Anda ga kreatif, ga bisa menciptakan sesuatu yang baru atau merasa bahwa orang lain lebih kreatif dari Anda, sepertinya Anda harus mulai merubah cara berpikir.

Setelah membaca buku ini, saya setuju bahwa kreativitas adalah output! Kreativitas bukan bakat, tapi kreativitas …

Kartu Bintang Persib, The Art of Selling

Image
Kartu Bintang? Nama yang cukup unik untuk sebuah seri koleksi kartu, usut punya usut ternyata Kartu Bintang ini adalah serangkaian set kartu bergambar foto para pemain Persib (kesebelasan sepak bola yang berada di kota Bandung), lengkap dengan posisi nya di tim tersebut. Untuk kita yang bukan fans nya Persib mungkin kartu ini hanyalah seperti kartu koleksi biasa saja, tapi bagi pecinta Persib, kartu ini mungkin adalah salah satu merchandise koleksi yang layak untuk diburu.

Kartu ini dikemas dengan tampilan yang cukup bagus, peluncuran nya dilengkapi dengan program promosi berhadiah motor dan voucher belanja. Wah... buat yang fans berat Persib, hal ini tentu aja jadi sebuah kabar yang amat sangat menggembirakan cetar membahana, bukan cuma bisa punya koleksi kartu yang ada gambar para pemain nya saja, tapi juga buat yang beli dan ngumpulin secara lengkap kartu ini bisa juga dapet kesempatan untuk dapetin hadiah tambahan berupa sepeda motor atau kalau ga dapet motor minimal bisa juga da…

6 taktik promosi untuk perempuan

Image
Suatu hari saya bertemu dengan seorang teman perempuan. Kalau diperhatikan dandanannya sudah jauh berbeda dibandingkan jaman waktu kuliah dulu, lebih fashionable dan nampak memakai atribut yang bermerk. Lalu tanpa diminta pun sambil ngobrol sesekali dia mengatakan merk-merk atribut yang dia pakai sekarang, mulai dari syal, jam tangan, sepatu sampai tas jinjingnya. Selain itu dia juga menyebutkan mana yang asli dan mana yang KW.

Saya hanya tersenyum saja menanggapi ceritanya, dalam hati saya berkata “sepertinya yang namanya perempuan memang ditakdirkan untuk punya naluri hobi belanja”. Karakter perempuan yang cenderung lebih emosional ga cuma dalam kehidupan sehari-hari tapi juga sangat terasa ketika berbelanja, coba deh diingat-ingat kita berbelanja lebih sering karena memang butuh atau cenderung lebih karena mendadak pengen aja? Kayaknya sh lebih sering mendadak beli karena ada promo yang menarik yah hehe.

Nah selain itu perempuan juga cenderung cerewet dan kalo sudah berkumpul deng…

Jasa Antar Pizza Via DomiCopter “Helicopter”

Image
Apa sih musuh terbesar dari sebuah jasa antar? Pasti macet. Jasa antar memang mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di jalanan seperti ban bocor, cuaca buruk atau kecelakaan di jalanan. Namun pastinya jika hal tersebut terjadi, maka anggota lain yang ada di tim tersebut bisa mengganti peran pengantar sebelumnya. Lain halnya jika menghadapi kemacetan. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh seorang pengantar jasa antar adalah menghadapi kemacetan tersebut dan menerjangnya. Namun bagaimana jika sebuah bisnis bisa memberikan pelayanan jasa antar kepada konsumennya dengan menggunakan helicopter yang bebas hambatan dari kemacetan? Wih. Seru, ya!

Kalau softrinknya ada Coca Cola yang selalu memberikan inovasi terbaru, untuk pizza ada Domino’s. Kali ini Domino’s membuat sebuah konsep yang sangat kreatif. Seperti memecahkan sebuah masalah terbesar yang dihadapi oleh pelayan jasa antar: kemacetan, kini Domino’s membuka pelayanan jasa antar melalui DomiCopter. Melalui konsep pel…

7 Tips Menyusun Program Pemasaran

Image
Kalo ngomongin pemasaran ujung-ujungnya pasti yang ditanya adalah sales performance, yang intinya nggak perform kalo gagal mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan. Pertanyaan selanjutnya bagaimana penjualan bisa mencapai performa maksimal?

Jawabannya tentunya adalah melalui program-program pemasaran yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh tim pemasaran. Nah sekarang kalo kita ngomongin program pemasaran tentunya konsepnya harus kreatif alias out of the box dong, dan harus memiliki konten yang bisa menciptakan ketertarikan (grab attention) bagi konsumen, namun demkian alih-alih program yang out of the box atau kreatif terkadang tim pemasar lupa akan batasan dalam mengcreate sebuah program pemasaran yang baik.

Dalam kesempatan kali ini saya cuma mau share sedikit saja mengenai bagaimana mengcreate sebuah program pemasaran yang baik, semoga apa yang ditulis ini bisa memberikan insight bagi para pembaca, monggo dibaca.

1. Kreatif & Out Of The Box
Hal pertama yang paling suli…

5 Langkah Up Selling, Jualan Naik Tanpa Promosi

Image
Me & Mie Ayam

Saya: "Bang pesen mie Ayamnya yah" 
Abang: "Siap den, Mau versi jumbo den? Lebih muntap kenyangnya"
Saya: "Oh bisa gitu?"
Abang: "Bisa den, cuma tambah 3 ribu kok, posri jumbo jadinya"
Saya: "Wah boleh juga deh pak lagi laper nih.

Me & Toko Komputer

Saya: "Mas laptop Acer ini bagus ga yah?"
Si Mas: "Oh bagus nih, keluaran baru, undah Quad Core, buat apa mas emang laptopnya, di pake design or multimedia?
Saya: "iya saya mau pake buat editing video dan musik juga"
Si Mas: "Oh udah ok laptop yang ini, Tapi klo mau saya sarankan yang ini mas, bedah 500 ribu tapi spek nya lebih ok, bisa digunakan untuk graphis berat juga"
Saya: "Oh gitu, boleh juga deh soalnya biar mantap kerjanya"

Dari membaca dua buah cerita di atas, apa point yang anda tangkap? Yak dua cerita di atas punya point yang sama yaitu menganjurkan konsumen membeli yang lebih mahal dari harga yang tadinya dia ingin bay…

3 Ide Video Youtube Untuk Bisnis

Image
Beberapa minggu ini saya jadi rajin nongkrongin Star TV karena lagi ada Got To Dance UK session baru. Yang unik yang sempat dilontarkan oleh para juri di session kali ini adalah kemunculan bakat-bakat baru yang luar biasa pada anak-anak di bawah usia 17 tahun. Saat mereka ditanya dimana mereka belajar untuk ‘dance like a pro’ mereka cuma jawab 3 hal : Kamar Tidur, Kaca dan YouTube!

Di salah satu episode sempat ada beberapa menit sesi para juri membahas hal khusus tentang ini, bahwa di jaman mereka belajar dance, orang-orang ikut klub atau paling tidak ‘menari di jalanan’ untuk bisa meningkatkan kemampuan mereka, tapi jaman sekarang? Mereka belajar semuanya dari YouTube! And officially mereka menyebutnya dengan YouTube Generation!

Siang tadi saya baru saja selesai mengikuti conference pengusaha dari beberapa negara, sebagian besar dari Indonesia, Jepang dan Amerika. Salah satu pembicara menekankan tentang cara berkomunikasi saat ini di dunia pemasaran, yang salah satu media utamanya a…

5 Tricks Abracadabra for Business

Image
Minggu lalu saya baru saja menonton sebuah film dengan tema drama dilengkapi sedikit action, awalnya keinginan saya menonton simple hanya dikarenakan poster film nya bagus, dan aktor dan aktris utama nya yang cukup banyak, saya pikir.. wah.. jarang2 nih ada film seperti Lord Of The Ring, yang aktor dan aktris utama nya banyak. Hahaha.... Tapi memang setalah melihat poster nya hal kedua yang saya lakukan adalah browsing sinopsis nya, ingin tahu kita2 cerita film nya tentang apa.

Film yang saya maksud adalah Now You See Me, secara garis besar film ini menceritakan sebuah kelompok magician yang menamakan dirinya “Four Horseman” yang mengadakan pertunjukan di beberapa negara di Amerika, tapi ternyata dibalik pertunjukan2 yang dilakukan kelompok ini, ternyata sebenarnya mereka adalah komplotan perampok yang menggunakan trik cerdik yang dibungkus pertunjukan ilusi (dari mulai kecepatan tangan, manipulasi, hingga hipnotis). Hebatnya lagi mereka proses perampokan mereka dilakukan diatas pang…

Jokowi, Kuliah? BSI Ajah

Image
Ada yang ingat dengan tagline “mau kuliah? di BSI aja”? saya kira kemungkinan besar anda mengenal tagline tersebut, yup itulah tagline yang di usung oleh BSI dalam menjaring calon mahasiswa. Menurut saya pribadi sekilas kalo cuma dengerin taglinenya tersebut rasanya biasa aja dan nggak ada yang special, bener nggak? nah akan lain cerita kalo kita liat iklan televisi yang diantaranya menggunakan sosok orang penting versi “KW” he4, ngerti kan maksud saya? yup adalah sosok Barack Obama orang no 1 di Amerika Serikat dan Joko Widodo orang no satu di Jakarta, persamaannya apa? yang pasti keduanya merupakan sosok yang cukup dikenal banyak orang.

Nah menariknya BSI ini menggunakan sosok Barack Obama dan Joko Widodo versi KW super yang menurut saya sangat kreatif dan cerdas, kenapa? pertama pastinya sudah saya jelaskan tadi sosok tersebut dikenal banyak orang walaupun KW saya kira akan cepat orang mengenali, kedua karena KWnya itu menjadi daya tarik bagi penonton karena dinilai lucu, apa bena…

7 Rahasia Sukses LINE Menggarap Pasar Indonesia

Image
Sekarang ini kayaknya tidak ada hari tanpa chatting ataupun sekedear “kepo” in timeline orang. Beragam-ragam messenger pun ramai2 menyerbu kita untuk saling memperlihatkan keunggulan nya masing2, ada yang menawarkan stiker gratis, emoji lucu, main game gratis, sampai iming2 hadiah mobil kalau kita download dan menginvite teman2 kita. Perang promo feature baik di media online (iklan di facebook, iklan di twitter, iklan di website, iklan di google, sampai di mobile phone), atau pun media offline/maintsream (tvc), juga sudah tidak bisa dihindari. Saya saja dalam sehari mungkin saja bisa jadi lebih dari 15 kali melihat iklan LINE, baik itu melalui on line maupun offline.

Sebenarnya kebutuhan kita untuk selalu terhubung dengan teman2 kita sudah ada sejak dulu, hanya saja medium dan cara kita berinteraksi berubah, kalau dulu kita hanya bisa bertukar kabar dan informasi hanya dari surat, kalau sekarang bisa lewat e mail, socia media, bahkan messenger yang dalam hitungan detik. Kalau dulu ki…

7 Tips Sukses Bisnis Online

Image
Keberhasilan sebuah bisnis sudah pasti dilatarbelakangi oleh kehandalan si pemilik bisnis. Sekalipun sebuah perusahaan memiliki GM yang handal, itupun dilatarbelakangi para pemiliknya yang dapat menemukan GM tersebut :)

Akhir-akhir banyak sekali yang bertanya bagaimana tips agar bisa sukses bisnis online, tentu sebetulnya sudah banyak tulisan yang membahas hal ini, coba saja kalo tidak percaya anda googling, namun ok lah saya akan coba berbagi berdasarkan pengalaman menangani klien yang memang berjualan online.

Secara singkat, saya akan bahas 7 tips yang mungkin sangat penting agar anda bisa sukses bisnis online, apa saja itu? Mari kita bahas satu per satu

1. Menerima fakta bahwa Online is the next BIG WAVE
Dua dari tiga penggerak utama ekonomi dunia dari saat ini hingga 2020 adalah berhubungan dengan Online, yaitu Internet dan Mobile Technologies. Sejauh kita masih menjual ke target market yang selalu berubah, tentu strategi dan penggunaan media komunikasipun harus terus berubah. Per…

6 Tips Instagram for Business

Image
Kalo biasa ngomongin tips gimana memulai bisnis lewat Social Media Facebook dan Twitter, mungkin kali ini saya hanya ingoin sharring sedikit mengenai tips membangun bisnis lewat Social Media Instagram, karena dalam perkembangannya media ini juga salah satu media yang cukup favorit digunakan untuk bisnis selain Facebook dan Twitter, bahkan nggak jarang pelaku bisnis online mengkolaborasi tiga media tersebut sekaligus.

Nah kalo ngomongin Social Media for business, mau itu Facebook, Twitter, dan Instagram tentunya masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan membutuhkan sistem yang juga berbeda baik dalam eksekusi dan aplikasinya, walaupun memang untuk beberapa hal memiliki karakteristik yang sama hanya saja butuh sedikit penyesuaian.

Tulisan ini didasari dari sedikit pengamatan saya saja, mungkin masih banyak tips yang bisa dibahas namun semoga 6 tips ini bisa memberikan insight dan pencerahan untuk para digitalpreneur, Amin. So monggo dibaca saja.

1. Visual Is King
Some p…

Sukses Gara-Gara Twitter

Image
Wah udah nggak jelas aja nih judul artikelnya, hehhe. Apa sih yang jadi gara-gara dari Twitter? banyak banget!! Sampe banyak orang yang dibuat susah gara-gara twitter, senang gara-gara twitter, nggak aneh temen saya juga jadian sekaligus putus gara-gara twitter. ckck. Perkembangan Social Media memang makin bertumbuh setiap harinya, khususnya di Indonesia.

Beberapa hari yang lalu waktu baca salah satu artikel di internet tentang pertumbuhan Social Media di Indonesia, nggak heran banget kalo orang-orang di Indonesia jadi orang yang paling doyan nge-tweet no. 1 di Dunia! Nggak kebayang aja yah, ngocehnya tiap hari kayak gimana hehehe. Kota yang paling besar ocehannya itu di Jakarta, bahkan menurut informasi yang di dapet dari temen, popularitas televise udah kalah sama twitter di Jakarta. Ya wajar sih, gimana nggak tiap hari nongkrong di timeline banyak update berita lebih cepet.

Nah balik lagi ke gara-gara twitter, kemaren saya liat ada tukang becak di daerah rancaekek tiba-tiba jadi j…

Social Media – The Rise Of Digitalpreneur

Image
Saya ada pertanyaan nih, benar setuju nggak kalo keberadaan Social Media saat ini menjadi bagian dari momentum Rise Of Digitalpreneur? well mungkin temen-temen pembaca ada yang setuju ada juga yang nggak, keluar dari konteks setuju atau tidak menurut saya pribadi kebangkitan digitalpreneur nampaknya sudah ada sejak dulu diawali munculnya media internet.

Karena kemunculan media internet itu saya nilai menjadi pemicu awal bermunculannya para digitalpreneur, melalui media internet para digitalpreneur ini membuka dan membangun jaringan bisnisnya lewat website berbasis e-commerce, blog, hingga forum-forum jual beli seperti salah satunya kaskus.

Nah dalam tulisan kali ini saya lebih menekankan pada pembahasan kemunculan Social Media yang saat ini semakin memicu bermunculannya digitalpreneur masa depan, kalo ditanya kenapa? sudah jelas nampaknya jawabannya karena Social Media disebut sebagai salah satu media “low cost high impact” yang sangat cocok untuk startup, Social Media juga menawarka…

3H - Hopeng, Hongsui & Hokkie

Image
Orang bodoh akan kalah oleh orang pintar. Namun orang pintar akan kalah oleh orang jenius. Orang jenius? Akan kalah oleh orang bejo (beruntung). Begitulah kurang lebih pepatah yang dikatakan oleh masyarakat. Lalu bagaimana jika kita aplikasikan hal ini dalam kegiatan yang memiliki tujuan yang konkrit dan riil? Apakah kita hanya berbicara soal keberuntungan? Tentu tidak, kan? Pada saat kita memulai bisnis, pasti ada hal-hal yang melatarbelakangi kenapa akhirnya kita memulai bisnis.

Tujuan berbisnis kita pun harus jelas. Apa yang akan kita kembangkan kedepannya dari konsep bisnis yang dibuat dan apa parameter serta target yang ingin dicapai dari bisnis kita nantinya. Jangan sampai kita hanya membangun bisnis karena memang sedang ‘happening’ saja. Sehingga saat industri yang kita kuasai itu sudah tidak happening lagi, bisnis kita pun sudah tidak berjalan lagi. Tidak ada yang salah untuk menjadi mainstream dan mengikuti arus yang sedang happening, tetapi tujuan bisnis kita harus jelas se…

Transformasi Bisnis 360 derajat. Do it or Die

Image
Kalo kata Charles Darwin, mereka yang akan survive adalah bukan mereka yang paling kuat, tapi mereka yang berhasil untuk menyesuaikan diri. Kita sebagai individu di setiap level usia yang kita lewati juga seringkali melakukan perubahan atau bahasa kerennya adalah transformasi. Semata-mata kita melakukan transformasi tersebut untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang ujung-ujungnya supaya kita bisa survive.

Hal ini analoginya sama juga dengan mengelola sebuah bisnis. Rasanya bisnis yang tidak mau bertransformasi hanya berakhir di liang kubur alias bangkrut, karena pada saat konsumen/target market kita berubah, sudah selayaknya bisnis juga ikut berubah. Hal ini dikarenakan hakekat bisnis adalah untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen/target market.

Berbeda lagi tantangannya bagi Anda yang memiliki bisnis yang telah tersebar di berbagai kota, atau jika Anda memiliki brand dengan berbagai karakteristik yang berbeda-beda baik dari sisi standar ekonomi. Studi kasus yang menarik sekali a…

7 Bisnis Sampingan Dashyat Lewat Twitter

Image
Twitter memang memberikan nuansa yang luar biasa saat ini bagi perkembangan online di Indonesia, dengan pertumbuhan yang cukup luar biasa 3 tahun ke belakang sudah cukup banyak fenomena yang muncul melalui twitternya khususnya yang berhubungan dengan bisnis.

Maicih, menjadi demikian fenomenal melalui channel ini mengantarkan pemiliknya menjadi miliarder muda, @infobdg menjelma menjadi mesin uang untuk ownernya dengan menjadi situs info dan iklan seputar bandung, mulai dari toko online, seminar, personal dan bahkan lowongan kerja diiklankan setiap harinya, begitu juga personal-personal yang dulunya sebelum ada twitter mungkin tidak pernah kita dengar atau jarang, tiba-tiba menjadi seleb twitt dan menghasilkan banyak uang dari ketenerannya.

Pertanyaannya Anda mau jadi penonton? Di mana ketika banyak orang menghasilkan uang melalui media twitter ini, kita hanya jadi penonton sambil terngagah-ngagah melihat apa yang dihasilkan oleh orang-orang "pintar" itu? Mungkin Anda balik b…