Mar 5, 2013

5 Hal Penting Beriklan di Social Media

Hari ini gak punya Social Media Account ? Dih.. So yesterday gitu loh ! Hehhehe. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Social Media sudah menjadi salah satu bidang baru di daftar mata pencaharian kita. Didukung oleh teknologi yang semakin canggih dan banyaknya pengguna internet di Indonesia membuat bidang yang satu ini berhasil meghipnotis hampir seluruh warga di Indonesia.  Hal ini pun didukung oleh banyaknya Agency Social Media ( Agency Online ) yang bertebaran di Indonesia. Salah satunya Dixgital Online Marketing Partner.

Saya pernah mengikuti salah satu seminar tentang Brand dan Social Media. Faktanya, beriklan atau berpromosi di media sosial sudah menjadi tren baru. Untuk itu, suatu Brand saat ini dipaksa untuk terjun ke dunia Social Media untuk memperluas jaringan dan menambah keeksistensian dari Brand tersebut. Pasalnya, jika suatu brand tidak mempunyai lambang “T” ( twitter ) dan “F” ( facebook ), maka brand tersebut disinyalir tidak akan laku, ketinggalan zaman bin gak gaul. Hehe

Mengelola suatu akun social media itu tidak mudah loh karena penghuni media sosial biasanya alergi dengan hal – hal berbaru promosi. Jika memang dipikir-pikir ngapain juga kita follow akun hotel, toh gitu-gitu aja kan bentuknya hotel. Namun ini bisa menjadi sesuatu yang menghipnotis konsumen kita di social media ketika konten suatu brand tersebut sangat baik. Ada beberapa point yang ingin saya share untuk beriklan di social media. Berikut point-point nya ;

1. Push to Action

Saat mempersiapkan sebuah campaign, pikirkan sesuatu yang menarik bagi warga “online” yang membuat mereka mau menyebarkan “viral”, membicarakan dan bahkan membeli produk kita. Ini tantangan yang tidak ringan dalam membangun campaign online namun sangat-sangat penting jika ingin brand kita sukses. Secara sederhana ada dua kunci utama yang penting ketika melakukan campaign online yaitu Unique Message dan Strong Visual sehingga akan menghasilakn Push to Action. (Coba lihat point-point berikutnya)

2. Berani “gila”
Buatlah konsep campaign yang bersikap agresif. Konsep yang “gila” lebih baik dan diingat dari konsep yang waras. Ada kalimat “Kalau mau eksis, mau bagus ya bagus sekalian. Norak ya norak sekalian”. Coba ingat, siapa sih di sini yang tidak hafal iklan “Tori”. Norak kan ? Tapi nempel di pikiran kita. Pelajari apa yang lebih disukai konsumen di Social Media. Tentukan pesan aneh, gila, dan lucu jenis apa yang suka mereka tampilkan.

3. Selalu up to date !
Social Media suka sekali pada hal-hal yang mendunia, teranyar dan segalanya yang ter-ter-ter, bahkan untuk hal – hal yang bisa dibilang 4L4Y ( alay ) Hahaha. Salah satunya ramalan minggu ini, film terbaik tahun ini, coklat termahal di dunia, hewan teraneh di dunia dan daerah tujuan wisata terbaik tahun ini adalah contoh hal yang hits di Social Media. Konsumen akan terpancing membuat opini dan bisa membangkitkan  banyak diskusi. Pikirkan cara bagaimana bisnis kita bisa menghasilkan tempat tersendiri dan menjadi “ter-“  dengan sendirinya.

4. Buat konsumen ngegosip !
Semua orang suka kontroversi dan sesuatu yang heboh. Peluang ini dapat menjadi salah satu celah untuk membuat pesan kita lebih menarik. Twitwar sekali2 gak apa2 kali ya ? Hahhaa

5. Sampaikan dengan bahasa yang ringan 
Saat menentukan konten di Social Media, gunakanlah bahasa sesederhana mungkin. Bahasa yang sederhana memberikan  dua keuntungan besar. Pertama lebih mudah dimengerti. Kedua, orang akan lebih mudah mengingat dan mengulanginya.

Nah, cukup mudah bukan ? Silahkan dicoba dan selamat ber-campaign ria !

Brand Cosultant

1 comment:

andri said...

Terima kasih atas infonya.. ditunggu info lainnya