Dec 29, 2012

Bisnis, Pacaran dan Social Media Part 2

Sesuai janji, minggu ini akan ada terusan dari artikel Bisnis, Pacaran dan Social Media Part 1. Buat teman-teman yang belum baca, bisa baca di sini.

Mereview sedikit dari sebelumnya, bahwa dalam mempraktekan berbagai langkah bisnis melalui Social Media, banyak prinsip-prinsip “pacaran” atau “PDKT” yang bisa kita jalankan lho.. tentu saja kita sebagai orang yang sedang mengejar calon pacar kita yaitu para target market yang ingin kita ubah statusnya jadi “pacar” (baca : konsumen).

Baca lanjutan dari tips-tips menjalankan PDKT berikut ini :

4. Ciptakan komunikasi yang lancar
Pernah donk merasakan gimana suatu hubungan kalau komunikasi tidak lancar, jangankan dengan pacar atau target PDKT tapi dengan teman, orang tua atau saudarapun kalau komunikasi tidak lancar atau diam-diaman pasti hubungan jadi ga sehat. Tentu sama dengan kehadiran Anda di Social Media. Apabila brand/bisnis Anda sudah berani masuk ke Social Media, penting bagi Anda untuk memperhatikan intensitas komunikasi Anda. Jangan sampai Anda tidak pernah berkicau atau “mendiamkan” followers Anda.

Lebih penting lagi untuk dapat menciptakan komunikasi 2 arah, apabila ada pertanyaan harus di jawab, jangan sampai mereka merasa hanya menjadi objek eksploitasi Anda saja. Jika ada promo Anda baru heboh dan gembar-gembor, tapi begitu ditanya.. singgggg….. taka da jawaban sedikitpun.. wahh ini adalah contoh kegagalan memanfaatkan Social Media.


Dec 12, 2012

5 Strategi Promo “Gratis” Melalui Media


Ngomongin Media nih (mau itu media cetak, elektronik, atau konvergensi), setuju nggak kalo media itu memiliki 2 kekuatan yang sangat penting bagi sebuah brand? 2 kekuatan yang saya maksudkan adalah audience (pembaca, pendengar, penonton) dan area coverage (jangkauan yang sangat luas). Dengan adanya 2 kekuatan tersebut tidak aneh jika banyak brand-brand skala lokal maupun nasional seringkali menggunakan media sebagai partner promosi (branding) kenapa?

Selain karena dua hal tadi adalah media memiliki segmen / target market sendiri sehingga kita bisa memilih media mana yang sesuai dengan segment / target market brand kita, juga dikarenakan untuk promosi melalui media yang sifatnya “berita” akan lebih diterima oleh masyarakat dikarenakan kontennya “softselling” dan terdapat konten informasi “berita”.

Media kadang bagaikan dua sisi mata uang koin karena dibalik dua kekuatan dan alasan kenapa brand-brand skala lokal maupun nasional mau menggunakan media sebagai channel branding, hal yang menjadi nilai minus adalah alokasi budgeting yang dibutuhkan biasanya sangat besar. Tapi jangan khawatir, sebenarnya ada cara bagaimana kita menggandeng media secara “gratis” sehingga kita bisa melakukan aktifitas promsi “branding” melalui media tersebut. 

Dec 11, 2012

Postmart, We’ll See


Masih ingat sejak masih kecil kegiatan menulis dan mengirim surat merupakan salah satu aktifitas yang paling sering dilakukan, sampai pada akhirnya kemajuan teknologi dan sistem informasi yang sedikit demi sedikit membuat perputaran aktifitas surat menyurat semakin “keropos”. Kenapa tidak? karena kini seseorang yang ingin menyampaikan sesuatu cukup mengirimkannya lewat sms, email, social media, telpon, dan banyak hal lainnya yang dinilai lebih cepat dan praktis.

Menurut saya pribadi mungkin dari waktu ke waktu perputaran bisnis di industri jasa pengiriman surat atau paket ini lambat laun menurun, karena seperti yang sudah saya singgung selain pengaruh dari perkembangan teknologi dan sistem informasi PT. Pos juga harus bersaing head to head dengan kompetitor lainnya yang menawarkan jasa serupa. Walaupun saya tidak mengikuti secara mendalam, namun yang saya ketahui bisnis jasa ini berkembang dan berinovasi dari hanya mengirimkan surat, paket, atau wesel, mulai berkembang menjadi jasa pembayaran telepon, listrik, bahkan sampai kredit motor, dan sampai pada akhirnya beberapa waktu lalu saya sempat membaca sebuah berita di majalah mengenai PT. Pos yang terjun ke bisnis Retail melalui Postmart.


Dec 10, 2012

Telor Colombus


Alkisah di jaman Colombus dulu di sebuah pertemuan, Colombus mengajukan sebuah tantangan kepada seluruh warga yang ada di pertemuan tersebut.

"Saya punya dua buah telur, siapa yang bisa mendirikan telur ini di lantai yang datar ini tanpa bantuan alat apapun bakal saya ajak jalan-jalan keliling dunia mencari pulau-pulau terbaru", tantangan ini tentu saja menarik minat banyak orang karena hadiahnya sangat menarik "paket wisata bersama Columbus" hehe.

1 orang kemudian mencoba dan gagal, orang kedua mencoba dan gagal dan seterusnya sampai orang ke 1000 tetap tidak ada yang berhasil mendirikan telur tersebut. Akhirnya tantangan ini ditutup karena tidak ada lagi yang mau mencoba karena tantangan tersebut terlihat "mustahil" di lakukan. Colombus pun kemudian berkata "Ok sudah tidak ada lagi yang mau mencoba? Masak sih tidak ada yang sanggup mendirikan kedua buah telur ini di lantai" Suara diam pun terhening sampai ketika Colombus ingin kembali bersuara muncul seorang anak kecil "saya mau coba paman bus, boleh ga?", "oh silahkan" kata Colombus.

Anak itu kemudian maju mendekati telur tersebut, dipecahkannya ujung masing-masing telur dan simsalabim berdirilah telur tersebut di lantai dengan tegapnya tanpa bantuan alat apapun. Semua orang di tempat itu terdiam sampai ada yang nyeletuk "ah kalo gitu sih gua juga bisa".


Warung Avatar


A: "kok di timeline gue banyak banget orang yang pake avatar kartun muka mereka ya. Pada pake aplikasi apaan sih."
B: "itu bukan aplikasi. Lu langsung aja mention ke @warungavatar buat dibuatin avatar muka lu".
A: "itu bikin pake apa? Mobile application gitu?"
B: "orang yang bikin. Grafik designer yang bikin"

Beberapa waktu lalu, sempat booming dan happening sekali soal custom avatar yang bertebaran di timeline. Bahkan di timeline saya, ada lebih dari 20 orang yang menggunakan konsep avatar yang mirip, yaitu dengan gambar muka mereka dalam versi kartun atau grafik plus warnanya yang soft dan ada username id twitternya di samping gambar tersebut. Setelah diselidiki, ternyata semua ini berasal dari akun twitter @warungavatar. Ketika sedikit melakukan observasi, akun ini dibuat baru-baru sekali. Disitu dicantumkan pula siapa yang mendesainkan avatar-avatar request dari twitter user.

Setelah sempat bertanya langsung kepada pemilik akun twitter @warungavatar ini, ternyata konsep desain avatar ini sudah ada sejak 2011 namun publikasinya melalui akun personal, pemilik dan pendesain avatar ini. Sampai akhirnya happening dan memiliki komunitas yang cukup banyak, #warungavatar ini melakukan beberapa tahapan.


Dec 6, 2012

Jangkrik Rambo


Alkisah ada penjual jangkrik yang sedang menjual jangkrik-jangkriknya , kebetulan di tempat tersebut ada 30 penjual jangkrik lainnya, nah singkat kata si penjual berpikir keras bagaimana agar pembeli memutuskan untuk membeli jangkrik darinya akhirnya dia berpikir bagaimana bila saya berikan barang jualan saya dengan nama Jangkrik Rambo (ceritanya udah puluhan tahun lalu nih di mana pada saat itu Rambo sedang tenar-tenarnya) hehe.

Mulailah si penjual di pasar tersebut berteriak-teriak "jangkrik rambo, jangkrik rambo" di ulangnya terus teriakan tersebut di pasar dan juga dibuat tulisan besar "jual Jangkrik Rambo". Tidak lama benar saja, para pembeli jangkrik yang datang ke pasar tersebut mengerubungi lapak si penjual jangkrik rambo tersebut, mengapa? yah simpel karena penasaran memang apa sih Jangkrik Rambo itu. Bahkan bapak-bapak yang membawa anaknya juga selalu memilih penjual tersebut karena bisa ngomong "ayo nak bapak beliin Jangkrik Rambo".

Singkat cerita, penjual "Jangkrik Rambo" tersebut akhirnya menuai sukses karena sejak dia memberi nama barang jualannya "Jangkrik Rambo" omongan pun tersebar di mana-mana, orang menjadi penasaran dengan Jangkrik Rambo nya dan bisa ditebak pada akhirnya orang membeli Jangkrik di Jangkrik Rambo tersebut. Diliputi rasa penasaran, seorang pebisnis bertanya "Bang, emang bedanya apa jangkrik Rambo dengan dengan jangkrik lainnya?" dan jawaban si penjual Jangkrik Rambo lah yang membuat di Syok, "ga ada pak, sama ajah Jangkriknya, cuma yang berbeda kalo beli di saya Bapak Beli Jangkrik Rambo, kalo yang di lain yang jangkrik biasa hehe".


Dec 5, 2012

Top Secret, Do Not Read


Ketika sebuah bisnis dihadapkan pada kondisi pasar yang sudah optimal, dalam artian hampir 100% masyarakat mengkonsumsi produk yang kita jual mungkin beberapa pebisnis akan menjadi kebingungan bagaimana menemukan cara untuk dapat meningkatkan penjualan yang ada selain melakukan strategi ekspansi ke daerah lain.

Tapi apa benar sudah tidak ada lagi cara untuk meningkatkan penjualan jika kondisi market sudah seperti yang disebut di atas, hmmm, coba kita tengok sepak terjang Jawara-jawara bisnis retail & FMCG  di Indonesia seperti Unilever, P&G, KFC dan Mc Donald. Dengan persaingan yang begitu ketat dan berdarah-darah, setiap tahun selalu saja mereka tetap berhasil meningkatkan penjualan dari produk-produk yang mereka jual. Sebenarnya apa yang menjadi salah satu kunci keberhasilan brand-brand tersebut dalam mengukuhkan eksistensi dan kesuksesan mereka di pasar.

1. Tidak selalu bicara New Leads
Sebagian besar pelaku bisnis memfokuskan pemasarannya untuk menambahkan new leads (creative sales credo 1), sehingga setiap tahunnya strategi pemasaran perusahaan banyak diarahkan untuk menyerang pesaing agar konsumen berpindah melalui kampanye-kampanye yang disebarkan, memperlebar area pemasaran agar peluang pembeli baru semakin besar atau mempengaruhi konsumen yang belum mengkonsumsi untuk akhirnya membeli produk kita.


Dec 4, 2012

Branding via Hot Spot


Beberapa hari lalu dikarenakan tuntutan pekerjaan saya berkesempatan pergi ke Kota Jambi dimana di sana juga secara kebetulan saya menemukan sebuah fenomena yang menurut saya pribadi cukup menarik untuk di bahas karena sepengetahuan saya hal ini tidak saya temui di kota kelahiran saya, nah fenomena yang saya maksudkan adalah “Jambi Cyber Park” sebuah kawasan nyaman dengan fasilitas internet gratis (free hot spot).

Oke singkat cerita setelah seharian berkeliling Kota Jambi untuk aktifitas riset saya di ajak oleh teman saya yang memang orang Jambi untuk beristirahat sejenak di sebuah tempat yang dinamakan “Jambi Cyber Park”. Mendengar kata Cyber Park otak saya langsung terasosiasi kepada sebuah tempat yang didukung oleh fasilitas teknologi informasi (internet based), dan ternyata memang benar apa yang saya pikirkan disini masyarakat bisa dengan gratis menikmati fasilitas internet gratis yang di provide oleh Speedy.

Setelah saya telusuri sedikit, Jambi Cyber Park ini memang inisiasi dari Brand Speedy sub bisnis dari Telkom yang menyediakan sebuah kawasan Cyber dimana disediakan akses internet (hot spot) gratis bagi siapa saja yang datang ke Jambi Cyber park ini. Hari gini kapan lagi ada akses internet gratisan? kalo pun ke kafe & resto sedikitnya kita harus keluarin modal untuk sekedar beli minum ato makanan, kalo pun ada yang gratisan biasanya sih tempatnya kurang nyaman. Nah melalui artikel ini saya ingin membahas mengenai 4 hal positif yang telah dilakukan oleh Speedy dengan adanya Jambi Cyber Park ini, langsung saja kita bahas yah.


Dec 3, 2012

Komputer Jangkrik, Inovasi atau Almarhum


Saya masih ingat sekali jaman kuliah dulu, salah satu sahabat saya baru saja membeli "komputer jangkrik" yang saat itu untuk ukuran di jamannya komputer yang bisa dibilang sangat canggih dengan prosesor Intel Pentium I. Sangking canggihnya kita semua tercengang dengan kapasitas dan kecepatan dari komputer itu saat itu.

Sedikit ngomongin soal komputer jangkrik, mungkin buat yang belum tahu mengapa dinamakan komputer jangkrik karena memang komputer rakitan sendiri yang dimiliki teman saya tersebut kalo lagi running sering sekali mengeluarkan suara "krik krik" haha, yah mungkin rata-rata komputer rakitan sendiri saat itu seperti itu karena itulah dinamakan komputer jangkrik.

Nah balik lagi, itu dulu di mana Intel Pentium I saat itu sangat kami kagumi karena kecanggihannya, sekarang? Alkisah komputers sahabat saya itu dijual 150 ribu pun ga ada yang mau beli dan akhirnya diputuskan untuk dihibahkan haha. Yah iyalah, so old banget Intel Pentium I di mana sekarang Pentium udah Quad Core segala.

Bagaimana bila saat ini intel tidak mengupgrade technologynya dan masih bertahan dengan menawarkan Intel Pentium I nya? Pasti jadi Almarhum, ga perlu jenius untuk mengatakan ini tentunya. Produk dengan teknologi driver seperti Intel hanya akan bersaing bila mereka terus melakukan inovasi bagi produknya mengikuti perkembangan teknologi lainnya dan juga tentu preferensi konsumen mengenai teknologi saat ini.

Dalam konsep creative sales yang Creasionbrand kembangkan contoh kasus Intel tersebut merupakan contoh bagaimana kita menggunakan Product Tactic dengan dimensi teknologi untuk menjawab tantangan perubahan pasar yang sangat dinamis saat ini. lantas mengapa perlu untuk terus berinovasi di dalam dunia bisnis?


Dec 2, 2012

Tweep.It? Kemana, Kemana, Kemana


Pada sekitar awal Oktober lalu, ada social media baru yang bernama tweep.it. Sempat serentak di timeline, para aktivis social media banyak membahas soal social media baru tersebut. Semua orang berlomba-lomba untuk merebut username unik untuk nama mereka. Sebagian dari mereka juga ada yang berlomba-lomba merebut username yang di akun twitternya memiliki jumlah followers yang banyak. Seperti saya contohnya. Saya iseng mengamankan username @barackobama, dengan tujuan ingin melihat seberapa banyak penambahan pengikut akun tersebut.

Beberapa hari setelah peluncuran social media bernama tweep.it tersebut, sebagian user di twitter mulai mempublikasikan akun tweep.it mereka di timeline dan mengajak followers atau komunitas twitter mereka untuk beralih meneruskan percakapan di tweep.it. Tidak sedikit pula orang yang berpendapat bahwa tweep.it akan melejit terkenal sebagai akun social media yang digemari para social media addict. Sempat terjadi banyak percakapan di tweep.it saat itu.