Posts

Showing posts from May, 2009
Remajakan Perusahaan Anda
Karena Dunia Bisnis Selalu Berlari


Pengalaman kami dalam menangani perusahaan yang sedang dalam proses rejuvenasi, membuat kami mengembangkan modeling hubungan antara pertumbuhan perusahaan dengan factor-faktor X yang mempengaruhinya. Sama seperti seorang manusia yang tumbuh dari kecil hingga dewasa kemudian tua, dimana banyak factor-faktor yang mempengaruhi pola pikir, perilaku dan sikap yang terbentuk; begitu pula perkembangan sebuah perusahaan dari waktu ke waktu dipengaruhi pula oleh banyak hal. Bedanya antara manusia dengan perusahaan, manusia tidak bisa mengalami “peremajaan”, sedangkan perusahaan bisa atau bahkan wajib melakukannya.

Beberapa klien kami merupakan perusahaan yang bisa dikategorikan perlu peremajaan Hal ini merupakan satu kondisi yang tidak bisa dikatakan unggul, di mana masa peremajaan bagi sebuah perusahaan mungkinmerupakan titik balik perusahaan tersebut untuk terus dapat sustain menghadapu perubahan di dunia bisnis. Berikut antara lain m…
Image
CRM
Not Just About Customer


Setiap perusahaan sekarang ini telah berlomba-lomba melaksanakan program CRM (Customer Relation Management) untuk membangun brand equity (terutama brand loyalty) di target marketnya. Seperti kita ketahui, CRM secara garis besar merupakan program untuk mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan mereka dan mempertahankan pelanggan tersebut sehingga brand loyalty didapatkan dari mereka. Ada banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk membuat program CRM ini, yang paling simple adalah adanya Customer Service. Sebagai pihak yang berhubungan langsung dan melayani para pelanggan, mereka dapat dikatakan telah melaksanakan prigram CRM tersebut. Namun program CRM yang sebenarnya tidak hanya sesimple itu, karena untuk mendapatkan pelanggan yang puas dan loyal terhadap perusahaan membutuhkan usaha yang tidak singkat dan tentu tidak mudah juga.

Salah seorang teman saya yang bekerja di sebuah perusahaan jasa kecantikan terkemuka dan ‘bert…
CORE COMPETENCY
WHAT and WHY IT'S MATTER


Banyak orang yang bertanya dalam kategori bisnis apa perusahaan saya bergerak? Hmm…kadang untuk membuka gambaran awal saya suka hanya menyebutkan saja bahwa kami bergerak di kategori konsultan. Biasanya mereka akan bertanya lagi, konsultan apa? Hmmm lagi ah (hehee!)…nah untuk pertanyaan ini saya berusaha untuk menjelaskan apa yang perusahaan saya jalankan. Pada dasarnya kami adalah konsultan branding & marketing yang dilengkapi eksekusi juga, kami bertujuan meningkatkan sales dan brand equity perusahaan klien melalui service-service yang kami punya, bla-bla-bla. Naaahh…kadang dari penjelasan saya mengenai bidang perusahaan saya itu, ujungnya mereka jadi bertanya, “Terus core competency-nya dimana tuh kalau dilengkapin sama service eksekusi kaya gitu?”. Eitz, nanti dulu! Kalau masalah itu saya punya jurus pamungkas, “Core Competence kita ya jelas di “knowledge” lah!”. Hehee…mana ada yang mau pakai konsultan kalau nggak punya cukup pengetah…
COMPANY IMAGES,
ADA APA AJAH YAH


Menunggu memang tidak pernah menjadi hal yang menyenangkan ya, sekalipun kita menunggu sebuah kesenangan. Hehee! Janjian berkumpul dengan gank sewaktu kuliah memang bisa dipastikan ada moment “tunggu-menunggu”. Untungnya kami janjian di sebuah restaurant yang menyediakan berbagai majalah dan tabloid. Salah seorang teman saya kebetulan membaca sebuah artikel yang memuat aktivitas CSR salah satu perusahaan besar di Indonesia. “Ah, CSR gini sekarang mah lebih ke pembangunan image perusahaan aja ya say, unsure social atau responsibility-nya sih kadang jadi kamuflase aja! Ujung-ujungnya, malah intinya, pengen image perusahaan bagus di publiknya!”, ujar teman saya tersebut.

Hhmmm…iya nggak ya? Hahaaa…yah cuma perusahaan lah yang bisa jawab. ;p Tapi kalau dipikir-pikir ya memang ada unsure itunya juga sih pasti. Tidak bisa dipungkiri dalam setiap aktivitas yang dilakukan perusahaan, otomatis akan terbentuk image mengenai perusahaan tersebut di publiknya.

Image pa…
PESAING AGRESIF,
APA YANG HARUS DILAKUKAN?


Bermain di industri manapun sekarang ini, cepat atau lambat kita akan berhadapan dengan yang namanya pesaing, atau bahasa “Jawa”nya competitor! Posisi Anda pun pada saat masuk ke dalam sebuah industri, bisa jadi sebagai follower; yang artinya Anda memposisikan menjadi competitor suatu brand yang sudah ada; atau Anda merupakan sebuah innovator yang pada waktu itu belum memiliki competitor. Di era bisnis seperti sekarang, lingkungan sudah menjadi seperti sebuah hutan belantara, di mana persaingan dan pesaing Anda siap memakan atau membunuh Anda kapan saja. Bisnis yang awalnya Anda adalah pemain tunggal, dalam hitungan hari bisa muncul pesaing. Hal ini dikarenakan di era seperti sekarang ini, sangat mudah untuk menduplikasi hal-hal yang bersifat massal, dan kecenderungan bisnis di era sekarang pun merupakan pengolahan produk/jasa yang juga cenderung mudah direplika.

Menghadapi kondisi seperti ini, seringkali internal perusahaan, baik dari jajaran o…
Brainstorming
Why it’s really matter?


“Kita butuh brainstorming nih dari teman-teman semua,siapa tahu ada ide untuk pelaksanaan HUT perusahaan kita” kata klien kami, ketika kami sedang meeting membahas tentang event HUT yang akan dilaksanakan oleh perusahaan tersebut. “Brainstorming dulu aja lah….kita tampung dulu semua ide-ide yang masuk hari ini, baru kita ajukan proposal ke pimpinan perusahaan.” Tambahnya lagi. Kata-kata brainstorming sering sekali saya dapatkan, terutama setelah saya mengenal dunia kerja dimana peruahaan tempat saya bekerja adalah perusahaan yang servisnya adalah memberikan ide baik berupa solusi, kreasi, maupun inovasi.

Brainstorming bisa dibilang diskusi, setiap permasalahan yang kita hadapi akan lebih mudah dihadapi bila ada diskusi tim. Harapannya adalah dapat ditemukan solusi bagi permasalahan tersebut. Seperti berapa waktu lalu, saya beserta tim dan atasan berdiskusi mengenai performance management. Dalam diskusi tersebut kita telaah satu persatu apa yang menja…
Ujian Kesuksesan


Pernah nggak kamu punya mimpi untuk bisa sukses dalam bisnis atau karir yang kamu punya sekarang? Atau pernah nggak kamu merasa semangat sekali dengan semua mimpi kamu? Atau mungkin kamu malah sama sekali nggak punya semangat dan mimpi untuk sukses dalam hidup kamu? Heheee..nggak mungkin kali ya kalau kamu nggak punya impian untuk sukses. Mungkin yang harusnya jadi pertanyaan saya (yang harus kamu jawab) adalah “Pernah nggak kamu berusaha untuk meraih impian kamu tersebut?” Naaaahh…kalau yang ini sih saya masih bisa dapat jawaban yang bermacam-macam nih!;p Semua orang memang pasti punya mimpi dan semangat untuk bisa sukses dalam hal apapun, baik itu bisnis, karir, percintaan, ataupun kehidupan secara general. Pertanyaan selanjutnya “berapa banyak orang yang bersungguh-sungguh meraih mimpi dan sukses itu”. Tidak banyak…kalaupun ada, hanya berapa persen yang benar-benar berhasil?

Memang untuk meraih kesuksesan dalam hal apapun (apalagi bisnis & karir) tidak semudah ap…
KOMPETITOR LEBIH KUAT?
SIAPA TAKUT???


Apa yang biasanya kita lakukan bila melihat pergerakan competitor kita lebih agresif? Apa yang kita rasakan jika competitor kita mulai menguasai market?Bagaimana jika konsumen mulai beralih ke produk competitor? Atau sebagai new entry di industri, kita belum bisa menyaingi competitor utama dan jika kita tidak melakukan pergerakan maka bisnis kita akan hancur seiring dengan berjalannya waktu, sedangkan competitor utama semakin kuat?

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran competitor di industri yang kita geluti mau tidak mau sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis kita. Itulah kenapa competitor menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk diriset dan dipalajari secara detail dalam penyusunan strategi perusahaan untu bisa sukses.

Mari kita lihat beberapa jenis competitor yang mungkin menjadi ganjalan bagi perusahaan untuk bisa sukses.
Potential Competitor, yaitu competitor yang bergerak di industri yang sama, punya produk yang sejenis dengan …