Posts

Showing posts from January, 2008

Bersiaplah Untuk Berubah

Menurut kamu mengapa perusahaan X yang bergerak di bidang tshirt saat ini brandnya bisa jatuh dan bahkan di mata target marketnya sudah tidak memiliki value setinggi 5 atau 10 tahun lalu? Kira-kira ini yang menjadi bahan perbincangan ketika makan siang kemarin. Tentunya tidak pada tempatnya saya mengatakan brand apa itu, namun memang dahulu ketika saya berusia remaja dan memasuki bangku kuliah brand ini memang sangat tinggi nilainya di mata anak muda seperti saya, rasanya sangat bangga bisa membeli tshirt keluaran merek tersebut karena unik dan tentu brandnya itu sendiri. Namun sekarang bahkan saya sama sekali tidak mendengar ada pembicaraan lagi menganai merek ini dan jika ditanyakan kepada target marketnya bahkan dari survey kecil-kecilan mereka tidak lagi menempatkan merek ini sebagai daftar belanja mereka bila ingin membeli tshirt, belum lagi gempuran Factory-factory outlet dan distro-distro yang semakin menjulang mereknya seperti 347, invictus dan sebagainya. Tinggal kenangankah?…

Every Detail is Important

Beberapa hari yang lalu, sebagai “orang lapangan” di sebuah perusahaan branding saya menghadapi “tantangan”. Dimana ada banyak sekali detail pekerjaan eksekusi maupun brief, dan sebagai “orang lapangan’” pula saya menghadapi kendala berhubungan dengan SDM perusahaan yang saya tangani. Tapi sejalan dengan waktu, berbekal dengan kemauan dan semangat untuk terus fokus pada solusi, pada akhirnya “all problem solve”. Disamping itu, ketika saya mencoba mendefinisikan lagi apa sebetulnya pangkal permasalahannya, akhirnya saya teringat pada Prinsip ke 2 dalam buku “The Starbucks Experience”, yaitu: Semuanya penting.

Dalam bukunya “The Starbucks Experience”, Joseph A. Michelli, tanpa bermaksud untuk promosi Starbucks, bercerita bahwa ternyata mayoritas pengusaha atau pemegang keputusan seringkali mengabaikan detail – detail kecil yang dianggap tidak penting. Padahal “Detail mempengaruhi emosional (“perasaan bawah sadar”) yang dimiliki orang lain terhadap anda.” Dalam “kasus” yang saya alami, mu…

Model Tanpa Judul Dulu

Image
Sambil mendikusikan brand audit untuk keperluan salah satu klien, secara tidak sengaja tim kami melakukan pembahasan mengenai bagaimana sebuah perusahaan bisa menciptakan sebuah siklus dimana siklus ini diharapkan bisa membantu perusahaan untuk dapat memiliki sebuah tim yang handal yang mampu menunjukan perporma yang luar biasa pada pekerjaannya, hasil yang sesuai dengan tujuan perusahaan dan tentunya dengan proses yang tepat. Yah tentu model ini masih kurang matang karena baru lewat pembahasan-pembahasan ringan namun mungkin sajah bisa membantu teman-teman yang khususnya sedang menghadapi masalah SDM dan memerlukan sedikit ide yang bisa digunakan.

Brand Activation VS Small Budget

Brand activation atau event merupakan salah satu langkah aktivitas komunikasi below the line yang efektif. Bagaimana tidak dalam aktivitas itu secara langsung brand dapat berinteraksi dengan target marketnya. Di sisi lain event ini bisa menjadi sebuah ladang uang apabila tahu memanfaatkan titik kelemahan target market dan tentu saja jeli memanfaatkan kesempatan tersebut.

Jangan mudah tergoda dengan berbagai brand activation kelas kakap yang dilakukan berbagai brand raksasa. Event yang bisa menghabiskan berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus milyar, dan jujur saja memang spektakuler… tapi anda tidak harus melakukan hal itu, karena anda harus realistis dan menyesuaikan dengan skala brand dan tentu saja budget promosi anda.

Siapa bilang budget kecil ga bisa buat Brand Activation? Tepat sekali pernyataan itu ! karena dalam 3 bulan terakhir, kami sedang senang-senangnya berfokus padahal tersebut. Mendampingi beberapa klien kami yang belum menjadi pemimpin pasar untuk terus eksis meningkatkan aw…

Alkisah si aji mumpung…

Dalam kategori tertentu satu brand sangat mungkin bersifat sangat mendominasi. Sebut saja Coca Cola atau Starbucks. Siapa yang tidak kenal kedua brand tersebut? dan tanpa harus menyebutkan embel embelnya semua orang tahun Starbucks menjual kopi. Tetapi bukan tidak mungkin sebuah brand yang sudah sangat besar kehilangan kendali pimpinannya, hanya saja cara menanganinya harus tepat dan didukung sumber daya dan waktu yang tidak sedikit. Karena hal inilah yang dilakukan Coca Cola pada jamannya ia mengalahkan 7Up. Sebelum Coca Cola, selama 28 tahun 7Up merajai minuman ringan bersoda. Tetapi hal yang dilakukan Coca Cola sebagai the counter brand tepat dan didukung sumber daya yang maksimal, akhirnya dalam kurun waktu yang juga tidak sebentar Coca Cola berhasil mencapai posisi puncak.

Kira-kira apa saja yang bisa menjadi kriteria pemilihan sifat counter brand supaya mampu menandingi the big brandnya? Tidak lain adalah diferensiasi yang mencolok. Sekarang sering kali kita menemui berbagai maca…

Rule Number 1, Price is Very Important

Sekali waktu dalam sebuah diskusi muncul pertanyaan, lebih baik kita mengenakan biaya berlangganan bulanan atau harian untuk sebuah tempat fitness center? Pertanyaan yang cukup membuat otak harus berputar-putar untuk mendapatkan jawaban yang pas tentunya. Jika ingin bicara dengan tepat tentunya kita harus menyesuaikan dengan prilaku dan budaya dari masyarakat kita tentunya, insight dalam hal ini sangat diperlukan untuk memberikan jawaban bagaimanakah strategi terbaik dalam menentukan keputusan harga, baik itu dalam bisnis barang maupun dalam bisnis jasa.
Keputusan dalam harga merupakan hal yang sangat penting dalam persaingan saat ini, bahkan bukan tidak mungkin harga merupakan faktor utama dalam keputusan pembelian bagi sebagian besar masyarakat saat ini. Mengapa, yah tentunya banyak hal yang membuat ini bisa terjadi mulai dari kondisi ekonomi makro dan kondisi yang lebih rumit lagi yang berhubungan dengan prilaku pembelian dan persaingan yang ada. Di indonesia, selisi 100 rupiah saja…

If you want to fight, don’t plan to lose but plan how to win

Minggu ini saya sempat melihat sebuah iklan minyak goreng, saya lupa mereknya namun ada yang menarik perhatian saya dalam iklan tersebut yaitu copy iklannya yang mengatakan bahwa minyak yang baik adalah yang rasanya mirip seperti air dan bisa tau enak untuk di minum. Luar biasa bentuk iklan tersebut, meminum minyak goreng? Sesuatu yang belum pernah terpikirkan oleh saya untuk sebuah iklan minyak goreng tentunya, entah bagaimana dengan anda semua, pernah terpikirkan?
Memang sulit bagi pemain baru di kategori minyak goreng ini, karena marketnya sudah di kuasai pemain lama dengan berbagai posistioning yang sudah sangat melekat dibenak konsumen maka dibutuhkan biaya komunikasi yang tidak sedikit untuk mendapat tempat di benak konsumen sehingga mereka mau melakukan pembelian merek perusahaan. Ok lah jika memang perusahaan mempunyai budget yang cukup besar untuk melakukan komunikasi di pasar dengan berbagai media mungkin secara bertahap mereka akan mempu mencuri pangsa pasar yang sudah terle…

Brand Loyalty

Apa sih pentingnya konsumen kita loyal terhadap merek kit? dalam pemasaran khan yang penting menjual sebanyak-banyaknya sehingga menghasilkan sales yang sebesar besarnya, beres. Pusing mikirin pemasaranlah, branding dan sebagainya, dengan seperti ini ajah banyak perusahaan yang bisa sukses kok.Buset dah, saya sampe-sampe tersenyum sendiri ketika berbicara dengan sahabat saya ini, begitu skeptisnya dan percaya dirinya bahwa apa yang dia lakukan adalah yang terbaik untuk "produk"nya.Mengapa saya memeberi tanda kutik pada produk, yah karena sudah jelas selama ini sahabat saya tersebut hanya menjual produknya, dia tidak peduli pada mereknya saat ini atau paling tidak mungkin dia peduli tapi arah ke membangun merek menjadi lebih baik sehingga ekuitas mereknya tinggi belum ada atau belum terarah sebagai mena mestinya sehingga mungkin produknya dibeli oleh konsumen bukan karena faktor loyalitas namun memang produk tersebut katakanlah lebih murah, bersifat lebih komoditi dan sebagai…

Varian Produk

Baru-baru ini (sesuai dengan kebiasaan saya yang berulang-ulang) saya memperhatikan etalase di supermarket di berbagai lorong. Dari berbagai kategori produk, yang cair, yang padat, yang untuk bapak-bapak, untuk bayi, besar, kecil, dll. Semuanya memiliki apa yang disebut dengan varian.

Saya jadi ingat sekitar 10 tahun yang lalu atau kurang atau lebih, saya tidak ingat tepatnya. Produk-produk andalan jaman sekarang sudah ada sejak dulu, tapi packaging mereka masih lekat hingga sekarang, seperti pepsodent dengan warna merah dan putihnya; rinso dengan warna hijau dominannya; astor dengan warna merah coklatnya; dll. Produk yang saya makud adalah sebagian besar consumer goods atau makanan dan minuman. Seluruh packaging legendaris tersebut adalah satu-satunya jenis dari brand itu – pada masanya! Tapi sekarang… coba perhatikan 1 etalase saja, dari ujung ke ujung bisa jadi brand yang sama tapi dengan varian yang berbeda.

Kategori produk yang pada awalnya membutuhkan varian adalah kategori konsum…

BREAKAWAY BRAND

The pioneer always to be number one. Kalimat yang mengandung kebenaran tapi banyak juga menjadi suatu jebakan bagi para pioneer yang sudah terlena akan eksistensinya di dunia bisnis. Status pioneer dan didukung dengan pertumbuhan bisnis yang baik seringkali membuat perusahaan cepat menjadi puas dan melupakan bahwa pasar terus berubah dan pesaing sewaktu-waktu dapat mengambil alih singgasana yang sudah nyaman mereka duduki. Di sisi lain para pendatang baru mendapatkan peluang untuk tampil dan merebut posisi market leader yang sudah ddiduduki sebelumnya.

Kemampuan suatu perusahaan menjadi market leader tidak semata-mata hanya disebabkan perusahaan itu adalah yang pertama berdiri atau tidak, walaupun peluang untuk menjadi market leader bagi pioneer relative lebih besar mengingat kemampuan penetrasi pasar yang lebih awal, didukung dengan inovasi bisnis yang relative lebih dahulu pula. Tapi apabila suatu perusahaan melupakan pentingnya inovasi dalam bisnis mereka maka kejatuhan tinggal menu…